Longsor di Sukajaya Bogor, Ridwan Kamil: 2.000 KK Bakal Direlokasi

Mukhlis Dinillah - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 16:17 WIB
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Mukhlis Dinillah/detikcom).
Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebut 2.000 kepala keluarga (KK) korban longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor bakal direlokasi. Rencananya relokasi dilakukan ke lahan milik PTPN.

Kang Emil sapaannya mengatakan relokasi tersebut merupakan instruksi langsung Presiden Jokowi kepada Bupati Bogor Ade Yasin.

"Yang di Bogor sudah diputuskan tidak mungkin di tempat yang longsor kemungkinan akan dicari instruksi Pak Presiden di tanah PTPN," kata Kang Emil kepada wartawan di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (9/1/2020).


Menurutnya Ade Yasin sudah ditugaskan untuk mengkaji kebutuhan lahan bagi 2.000 KK terdampak longsor tersebut. Rencananya bentuk rumah tapak tetap yang akan dibangun pemerintah.

"Sifatnya kampung, Bu Ade sudah ditugaskan untuk melakukan kajian seberapa luas yang dibutuhkan. Hampir 2.000 kepala keluarga lebih semuanya direlokasi," ujar Kang Emil.

Sebelumnya, diperkirakan ada 11 desa di Kecamatan Sukajaya yang terisolir akibat longsor yang terjadi Rabu (1/1/2020). Tiga warga dilaporkan hilang dalam insiden tersebut.

(mud/mso)