Hujan Es Sempat Landa Desa Cisontrol Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 18:06 WIB
Hujan es di Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis (Foto: Istimewa).
Ciamis - Fenomena hujan es batu melanda Dusun Sindangjaya, Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (3/1/2020). Sebagian warga kaget dengan fenomena tersebut, karena baru pertama kali terjadi.

Salah seorang warga bernama Rinda Septiani (18) menuturkan, hujan mulai mengguyur sekitar pukul 13.00 WIB. Awalnya, kata Rinda, hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kecamatan Rancah.


Namun tiba-tiba terdengar suara genting seperti tertimpa batu kerikil. Karena kaget, lalu ia dan temannya keluar rumah ternyata di depan rumah terlihat butiran es berserakan di rumput dan tanah.

"Kaget ada suara di atap genting seperti tertimpa kerikil. Saat dicek keluar ternyata banyak es batu. Ukurannya sebesar kelereng, sangat banyak," ujar Rinda saat dihubungi detikcom.

Menurut Rinda, kejadian hujan es hanya berlangsung sekitar 10 menit, sedangkan sisanya hujan biasa disertai angin hingga pukul 16.00 WIB. Karena kejadian langka, Rinda langsung mengumpulkan beberapa es dari hujan tersebut kemudian difoto dan diunggah ke media sosial.

"Ya kejadian langka ada hujan es, dari kecil sampai besar baru ada kejadian sekarang. Jadi saya kumpulin beberapa, di foto lalu di upload di Instagram," ucap Rinda.


Tonton juga Video Hujan Es Guyur Ruteng :

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)