Komunitas Nonoman Galuh Ajak Pemuda Ciamis Bikin Film Dokumenter

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 02 Jan 2020 13:36 WIB
Kegiatan nonton film ini juga berkaitan dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini banyak diterpa isu-isu ujaran kebencian. (Foto: dok.Nonoman Galuh)

Menurut Tendi, kegiatan nonton film ini juga berkaitan dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini banyak diterpa isu-isu ujaran kebencian sampai pelarangan pembangunan tempat ibadah.

"Sehingga kami tergerak untuk mengedukasi masyarakat terutama para pemuda untuk saling menghargai dan menjaga kerukunan antarumat beragama," tutur Tendi.

Komunitas Nonoman Galuh Ajak Pemuda Ciamis Bikin Film DokumenterKomunitas atau Pangauban Kawargian Nonoman Galuh. (Foto: dok.Nonoman Galuh)
Ia menegaskan Indonesia dibangun oleh keberagaman suku, ras, agama dan budaya. Perbedaan selayaknya sudah menjadi tak asing lagi di Indonesia. Semua harus bisa menerima perbedaan.

"Alangkah indahnya hidup berdampingan saling menghormati dan menghargai, karena hidup damai itu nyaman," kata Tendi.


Kabid Pengolahan dan Pelayanan Dinas Perpustanaan dan Kearsipan Daerah Ciamis Dase mengapresiasi kegiatan dari komunitas Nonoman Galuh tersebut. Kegiatan tersebut salah satu upaya meningkatkan budaya literasi.

Menurut Dase, ruangan baru audio visual Perpustakaan Ciamis boleh dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menggelar kegiatan. "Memang syaratnya yang ingin menggunakan fasilitas perpustakaan agar mendaftarkan diri terlebih dahulu menjadi anggota perpustakaan dengan mengumpulkan fotokopi KK dan mengisi formulir" ucap Dase.

Guru Pembimbing SMKN 1 Rancah Eggy Aditiar merasa senang dan bangga karya anak anaknya tersebut dapat di apresiasi oleh masyarakat luas. "Sudah tiga tahun terakhir kami mengikuti beberapa festival film pelajar. Alhamdulillah tahun ini mendapatkan juara pertama tingkat provinsi," ujar Eggy.
(bbn/bbn)