Wali Kota Bandung Imbau Wisatawan Jaga Kebersihan

Mochamad Solehudin - detikNews
Rabu, 25 Des 2019 17:25 WIB
Foto: DOK. Humas Pemkot Bandung
Bandung - Memiliki segudang daya tarik, Kota Bandung kerap diserbu wisatawan terutama saat memasuki musim liburan seperti sekarang ini. Udara yang sejuk hingga sajian kuliner yang menggoda selalu menarik para wisatawan untuk berkunjung ke kota berjuluk Paris van Java ini.

Namun tingginya kunjungan wisatawan, menimbulkan beberapa hal dampak negatif terhadap kondisi kota. Mulai dari masalah kemacetan hingga tumpukan sampah yang juga kerap menjadi masalah.

Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Pemkot Bandung melalui Satpol PP telah menyiapkan berbagai langkah. Salah satunya meningkatkan pengamanan di sejumlah pusat keramaian seperti Alun-Alun Bandung dan titik lainnya.

Wali Kota Bandung Oded M Danial juga mengimbau warga untuk ikut membantu menjaga ketertiban dan kebersihan kota. "Saya kira sebuah kota wisata seperti Bandung sudah konsekuensi. Saya imbau masyarakat Bandung mari kita lebih tertib agar meminimalisir persoalan Kota Bandung," katanya kepada detikcom, Rabu (25/12/2019).

Dia juga meminta wisatawan yang datang ke Bandung untuk menjaga kebersihan. "Kepada wisatawan mereka harus taat aturan, tidak boleh buang sampah sembarangan," ujarnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum, Satpol PP Bandung Taspen Efendi mengaku telah menyiagakan beberapa personel di pusat keramaian. Mereka berjaga dan memantau ketertiban di Kota Bandung.

"Memang ini sudah program tahunan ada Natal dan tahun baru. Satpol sudah antisipasi hal-hal seperti itu. Nah kita fokus di Alun-alun dan Asia Afrika (yang ramai dikunjungi wisatawan)," ucapnya

Sebanyak 30 personel Satpol PP, dikerahkan untuk berjaga di kawasan tersebut. Mereka berkeliling memantau situasi sekaligus mengimbau warga dan wisatawan untuk ikut menjaga kebersihan.

"Kita floating (petugas) sejak jam 9 pagi sampai 9 malam. Kita juga imbau para pendatang (wisatawan) harus bisa jaga diri, jaga kebersihan," ucapnya.

Selain itu, dia juga menerjunkan satu tim untuk berpatroli di sejumlah ruas jalan. Para petugas akan bergerak dan menghalau para pedagang kaki lima termasuk mobil toko yang akan berjualan di titik terlarang.

"Kita juga ada patroli, di Jalan Diponegoro banyak mobil toko kita juga halau untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.


Tonton juga Aneka Pohon Natal Unik, Dibuat dari Petai hingga Puntung Rokok :

[Gambas:Video 20detik]

(mso/ern)