Pantau Pasar Kosambi Bandung, Mendag : Harga Bawang dan Telur Naik

Mukhlis Dinillah - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 10:11 WIB
(Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom) Mendag Agus Suparmanto pantau harga dan ketersediaan kebutuhan pokok jelang Nataru di Pasar Kosambi, Bandung.
Bandung - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto meninjau harga dan ketersediaan kebutuhan pokok di Pasar Kosambi, Kota Bandung menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dari hasil pemantaunnya terdapat sejumlah harga komoditas yang merangkak naik.

Pemantauan kali ini, Agus didampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Mengenakan kemeja putih, Mendag mengunjungi sejumlah lapak dan berinteraksi dengan para pedagang.


Agus mengatakan dalam pemantauan kali ini menemukan ada kenaikan harga pada bawang, telur dan ayam di Pasar Kosambi, Kota Bandung. Diakuinya komoditas tersebut kerap mengalami pergerakan harga jelang hari-hari besar keagamaan.

"Bawang, telur, ayam sedikit bergerak (naik). Karena Nataru atau hari-hari besar sering sedikit naik, sesuai permintaan dan juga situasi cuaca hujan mempengaruhi," kata Agus kepada wartawan disela-sela pemantauan, Jumat (20/12/2019).

Meski mengalami kenaikan harga, ia memastikan pasokan kebutuhan pokok di Pasar Kosambi sejauh ini aman. Namun, pihaknya berencana menambah pasokan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus menjaga stabilitas harga.


"Pasokan cukup, tapi memang kita akan tambah (pasokan). Kita akan menghubungi beberapa asosiasi dan supplier, distributor juga dilihat beberapa sumber akan kita sesuaikan tambah pasokan supaya stabilisasi harga menjelang Nataru ini," tutur dia.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku akan berkoordinasi dengan Bulog mengantisipasi adanya lonjakan harga menjelang Nataru tahun ini. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan asosiasi berkaitan ketersediaan pasokan barang.

"Kalau ada lonjakan operasi pasar sudah disiapkan di Jabar. Pasokan umum stabil tinggal nanti koordinasi dengan asosiasi memastikan pasokan berjalan dengan baik. Masyarakat jangan khawatir pak menteri datang untuk memastikan harga masih dalam toleransi," ujar Emil. (mud/mso)