Kadin Dorong Pemprov Jabar Terbitkan Obligasi Daerah

Mochamad Solehudin - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 22:48 WIB
Ketua Kadin Jawa Barat Tatan Pria Sudjana (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)

Bahkan, lanjut Tatan, penerbitan obligasi daerah di Amerika Serikat mampu menghimpun dana masyarakat hingga triliunan. "Jadi bangun infrastrukturnya dari dana masyarakat. Kalau hanya menunggu APBD, APBN, bisa 50 tahun baru terbangun," katanya.

Pihaknya sudah menggelar Rapat Pimpinan Provinsi Kadin Jabar. Rapimprov 2019 itu merupakan yang pertama dalam kepengurusan Kadin Jabar periode 2019-2024.


Rapimprov menjadi agenda tahunan yang dapat dijadikan tolok ukur kinerja dan efektivitas kepengurusan Kadin Jabar dalam melaksanakan visi, misi dan program kerjanya, sesuai dengan hasil Musprov pada Februari lalu. "Kita harus mampu mengeksplorasi dan mentransformasikan semua potensi ekonomi unggulan daerah yang berbasis bahan baku menjadi berbasis manufaktur," ujar Tatan.

Pada sisi lain, dia mengapresiasi BUMN dalam berkontribusi terhadap pembangunan. "Selama ini kami dunia usaha memiliki sinergitas yang baik dengan BUMN/BUMD. Peran sertanya sangat terasa, seperti PLN Distribusi Jabar yang mendukung peran pemerintah dan KADIN Jabar dalam penguatan ekonomi," ucap Tatan.
(mso/bbn)