Proyek Revitalisasi Pantai Pangandaran Dipastikan Molor

Faisal Amiruddin - detikNews
Senin, 09 Des 2019 21:05 WIB
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata (Foto: Faisal Amiruddin)
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata (Foto: Faisal Amiruddin)
Pangandaran - Proyek penataan pantai barat dan pantai timur Pangandaran telah mendekati tenggat yang disepakati antara pemerintah dan pelaksana, yakni 12 Desember 2019. Namun, sampai Senin (9/12/2019), pembangunan belum selesai.

"Ya memang sepertinya tidak akan tercapai, (tak akan) selesai pada 12 Desember. Tapi pihak pelaksana memiliki opsi untuk mengajukan adendum penambahan waktu. Yang kena denda satu permil (1/1.000 dari nilai kontrak) itu, lo," kata Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata setelah menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah stakeholder di objek wisata Pantai Pangandaran, Senin (9/12/2019) petang.

Jeje mengatakan bagian yang belum selesai dibangun saat ini adalah pembangunan skywalk dan plaza.

Rapat koordinasi dilakukan untuk membangun kesadaran kolektif menjaga dan memelihara hasil pembangunan di pantai barat dan pantai timur Pangandaran.

"Ini kan masa transisi, masa-masa penting. Mau dipaksa oleh aturan atau dengan kesadaran. Kita sosialisasikan mana yang boleh mana yang tidak boleh," kata Jeje.

Salah satu aturan yang hendak diberlakukan adalah pengaturan bagi para penyedia jasa odong-odong atau sepeda motor trail. Pada rapat itu disepakati odong-odong dan sepeda motor dilarang mangkal di tepi pantai atau di lokasi yang baru saja dibangun. Pasalnya kawasan itu harus steril dan menjadi kawasan pedestrian.

Sementara itu, untuk petugas penegak aturan, Pemkab Pangandaran juga telah menyiagakan 100 orang petugas Jaga Lembur, sebuah komunitas pengamanan swakarsa yang dibentuk Pemkab.

"Selain itu, kami tempatkan 50 petugas Satpol PP yang telah dilatih untuk bertugas di lokasi wisata," kata Jeje.

Terkait urusan kebersihan yang acap kali menjadi persoalan mengganggu di kawasan wisata, Jeje mengatakan pihaknya telah menugaskan dinas terkait untuk turun tangan menyusun formulasi penanganan sampah dan pemeliharaan taman. "Tahun 2020 kami tambah armada pengangkut sampah," katanya. (ern/ern)