Angin Kencang, Pohon Jabon Tumbang Timpa Rumah Warga

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 09 Des 2019 20:41 WIB
Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom
Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom
Sukabumi - Yadi Efendi (42) warga Cibadak, Sukabumi, terluka pada bagian kepala dan tangannya setelah pohon jati kebon (jabon) tumbang menimpa rumah orang tuanya, Senin (9/12/2019) sore. Yadi terkena reruntuhan atap rumah.

Informasi yang diperoleh detikcom, saat kejadian, angin bertiup kencang dan hujan mengguyur lokasi. Tiba-tiba dia mendengar suara berderak dari pohon jabon setinggi belasan meter yang tiba-tiba tumbang.

"Posisi saya sedang berteduh dengan anak-anak di bagian depan. Begitu pohon tumbang, saya otomatis melindungi kepala pakai tangan sambil ngejagain anak-anak yang berteduh. Material genting, kayu, semuanya ambrol ke bawah," kata Yadi sembari memperlihatkan lengan dan kepalanya yang memar.

Saat itu Yadi bergegas memeriksa ke dalam rumah melihat kondisi ayahnya yang saat itu sedang berada di ruangan kamar. "Ayah saya juga kena reruntuhan, tapi tidak parah," ungkapnya.
Angin Kencang, Pohon Jabon Tumbang Timpa Rumah WargaFoto: Syahdan Alamsyah/detikcom

Yadi menjelaskan, selain menimpa rumah orang tuanya, cabang pohon jabon menimpa rumah tetangganya "Hujannya kecil, hanya angin yang besar sampai menumbangkan pohon," tandas dia.

Sementara itu, Daming, anggota BPBD Kecamatan Cibadak, langsung bergegas ke lokasi tidak lama setelah mendapat laporan dari warga.

"Pohon patah di bagian tengah, jadi evakuasi agak sulit. Mungkin kami bersihkan dulu material bangunan, baru kita fokus memotong batang pohonnya," ujarnya.

Daming menyebut ada tiga keluarga berjumlah enam jiwa yang terdampak akibat kejadian itu. "Ada korban terluka akibat tertimpa material bangunan, tapi kondisinya tidak terlalu parah," tandas dia. (sya/ern)