21 Rumah Terendam Lumpur Banjir Bandang di Kertasari Bandung

Wisma Putra - detikNews
Sabtu, 07 Des 2019 10:24 WIB
Rumah warga Kertasari Bandung yang terendam lumpur banjir bandang. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Rumah warga Kertasari Bandung yang terendam lumpur banjir bandang. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Tak hanya menutup jalan raya, banjir bandang lumpur merendam puluhan rumah warga di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Rumah yang terendam material lumpur itu berada di Kampung Cirawa, Desa Cibereum.

Saat ini warga sedang bergotong royong membersihkan lumpur yang masuk ke dalam rumah. "Jumlahnya ada sekitar 21 rumah, yang parah sekitar empat rumah," kata Kepala Desa Cibereum Efi Nurtaufik di Kampung Cirawa, Sabtu (7/12/2019).


Efi memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. "Hanya kerugian materiel saja, rumah terendam lumpur dan merusak barang-barang milik warga," ujarnya.

Pihaknya bersama warga sekitar tengah membersihkan lumpur yang ada di pemukiman warga tersebut. "Kami juga sudah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung untuk menerjunkan alat berat ke lokasi kejadian," tuturnya.

Lumpur Banjir Bandang Rendam 21 Rumah Warga Kertasari BandungWarga mengevakuasi sepeda motor yang terendam lumpur banjir bandang di Kertasari, Kabupaten Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Salah satu pemilik rumah, Gungun Gunawan (30) mengatakan, lumpur yang masuk ke kediamannya setebal lutut orang dewasa. "Ada setengah meter, kemarin kejadiannya jam empat sore. Air datang tiba-tiba, biasanya enggak seperti ini. Air masuk rumah jam lima, sama lumpur juga," katanya.


Perabot rumah di rumahnya rusak terendam lumpur. "Selain itu, lumpur merendam empat motor dan dua mobil," ujar Gungun.

Selain merendam perabot rumah dan kendaraan miliknya, lumpur juga merusak bibit kentang siap tanam. "Bibit kentang kena juga, kerugian mencapai Rp 100 juta," ucap Gungun. (bbn/bbn)