Air Gorong-gorong Meluap, Jalur Cibadak-Bogor Terendam Banjir

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 21:21 WIB
Pengendara motor menerobos banjir di jalur Cibadak-Bogor. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Pengendara motor menerobos banjir di jalur Cibadak-Bogor. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Banjir merendam jalur nasional Cibadak-Bogor. Akibatnya sejumlah kendaraan mogok. Banjir ini diduga akibat meluapnya air dari gorong-gorong yang tersumbat sampah di sekitar lokasi.

Bukan hanya kendaraan roda empat, beberapa pemotor terlihat kepayahan mendorong kendaraannya mendekat ke trotoar. "Tadi salah jalan, saya agak ke pinggir ternyata genangan airnya malah lebih dalam. Pas mau tarik gas mesin mendadak mati," kata Dudi, warga Cibadak, kepada detikcom di lokasi, Jumat (6/12/2019).


Hingga sekitar pukul 19.00 WIB, air masih menutup badan jalan. Beberapa sopir angkot terpaksa merugi lantaran penumpangnya turun di tengah jalan tanpa membayar.

"Banyak yang turun, angkot saya mogok. Beberapa kali banjir di tempat ini, baru sekarang mobil saya mogok. Tadi penumpang pada turun, ada yang enggak bayar. Mau gimana lagi, saya pasrah saja," kata Asep sopir angkot jurusan Cibadak-Cicurug-Benda.

Warga menduga banjir diakibatkan sampah yang menutupi saluran air tersebut. "Gorong-gorong sepertinya tertutup sampah. Saya pernah lihat memang beberapa kali dibersihkan, namun setiap hujan pasti kejadian begini lagi," tutur Rifaudin, warga setempat.

(sya/bbn)