Banjir Bandang, Lumpur Tutup Akses Jalan Kertasari-Pangalengan

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 21:06 WIB
Banjir bandang di jalan Kertasari-Pangalengan. (Foto: istimewa)
Banjir bandang di jalan Kertasari-Pangalengan. (Foto: istimewa)
Kabupaten Bandung - Banjir bandang menerjang Kampung Cirawa, Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Akibatnya, akses Jalan Kertasari-Pangalengan tertutup material lumpur.

Informasi dihimpun, kejadian tersebut berlangsung Jumat (6/12/2019), pukul 17.30 WIB. "Iya betul, banjir bandang di Jalan Cirawa," kata Kapolsek Kertasari Ipda Yoni melalui sambungan telepon.

Dalam kejadian ini hanya akses yang terdampak material lumpur. "Permukiman tidak ada yang terdampak, hanya jalan saja," ucapnya.

Sejumlah sepeda motor yang melintas tergelincir di lokasi kejadian. Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. "Motor banyak yang tergelincir, terbawa arus, ada yang rusak. Tidak ada korban jiwa," ujar Yoni.

Hingga pukul 20.00 WIB, akses jalur tersebut masih tertutup lumpur. Petugas gabungan, TNI Polri, Damkar Unit Kertasari, Pemerintah Kecamatan Kertasari, Desa Cibereum dan warga turun tangan membersihkan lumpur.

"Petugas sedang membersihkan lumpur, depan Polsek Kertasari juga sama tertimbun lumpur. Sekarang lagi pembersihan dulu supaya jalan bisa dilalui kembali. Sekarang terkendala hujan deras," katanya.

Material lumpur tersebut berasal dari pegunungan yang berada di wilayah Kertasari. "Itu lumpurnya dari gunung karena hujan deras. Tanah gembur jadi terbawa air, dari dulu suka gitu, hujan deras jadi mengikis tanah yang ada di wilayah itu," ucap Yoni.

Pihaknya mengimbau kepada warga untuk menghindari jalur tersebut karena tengah dibersihkan oleh petugas. "Ada petugas memberi imbauan kepada masyarakat, kalau jalan belum bisa dilalui. Petugas akan memberikan arahan untuk putar balik kendaraan yang akan melintas. Tetap hati-hati," ujar Yoni. (bbn/bbn)