Melihat Berbagai Inovasi Teknologi di Bandung Iconic 2019

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 30 Nov 2019 15:17 WIB
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana membuka acara Bandung Iconic 2019. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana membuka acara Bandung Iconic 2019. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Pemerintah Kota Bandung tengah merangsang masyarakat untuk melahirkan produk-produk inovasi berbasis teknologi. Ini dilakukan agar warga mampu bersaing di tengah derasnya laju teknologi.

"Jadi memang kami ingin kemajuan teknologi ini di mana harus dimanfaatkan sebesar besarnya dan sebanyak banyaknya untuk tetap melayani publik semakin cepat, semakin baik, semakin murah, semakin efektif, semakin efisien dan yang penting akuntabel, semakin terbuka bagi siapapun bisa mengakses," ucap Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Gedung Sabuga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Sabtu (30/11/2019).


Yana mengungkapkan hal itu usai membuka acara Bandung Innovation Contest and Coaching Clinic (Iconic) 2019. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari hingga besok.

Yana mengatakan, inovasi merupakan salah satu pilar dalam pembangunan Kota Bandung. Dalam satu tahun kepemimpinannya bersama Wali Kota Oded M Danial, Yana mengklaim Kota Bandung sudah melahirkan ratusan inovasi berbentuk digital.

"Dalam satu tahun masa pemerintahan Pak Wali dan saya, aplikasi-aplikasi dan inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh pemerintah Kota Bandung ternyata di apresiasi oleh berbagi pihak. Dalam satu tahun kami sudah diapresiasi inovasinya sebanyak 135 inovasi oleh berbagai pihak," kata dia.


Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung Yuliandri Rahadiyanto menambahkan, kegiatan Iconic 2019 ini diisi oleh 300 stan yang memamerkan produk inovasi digital.

"Ini membuktikan bahwa Kota Bandung memiliki potensi berkembang dan menjanjikan di masa depan," katanya.

Melihat Berbagai Inovasi Teknologi di Bandung Iconic 2019Foto: Dony Indra Ramadhan
Dia mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi berbagai pihak guna mewujudkan inovasi dan mengimplementasikan inovasi tersebut.

"Inovasi itu, kita mencoba menggabungkan seluruh potensi kota, ada pemerintah, swasta, masyarakat, kampus, media yang sifatnya inovatif untuk menunjukkan bahwa Bandung punya icon inovasi," kata dia.

Simak Video "Pasutri di Bandung Bangun Taman Baca untuk Anak Kurang Mampu"

[Gambas:Video 20detik]

(dir/tro)