Polres Cimahi Kerahkan 862 Personel Kawal Pilkades KBB

Polres Cimahi Kerahkan 862 Personel Kawal Pilkades KBB

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 13:30 WIB
Foto: Yudha Maulana/detikcom
Foto: Yudha Maulana/detikcom
Bandung Barat - Polres Cimahi mengerahkan 862 personel untuk mengamankan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Minggu (24/11/2019).

Wakapolres Cimahi Kompol Widi Setiawan mengatakan ratusan personel itu akan ditempatkan di 966 tempat pemungutan suara (TPS) di 112 desa yang menggelar pilkades serentak.

"Kami sudah menurunkan 862 personel, baik dari personel Polri, kemudian dari Bhabinsa yang ada di wilayah masing-masing," ujarnya saat ditemui seusai pelaksanaan gelar pasukan, Jumat (22/11/2019).

Ia juga mengaku sudah memetakan wilayah yang rawan konflik dan pola pengamanannya. "Ada yang satu TPS satu personel, ada juga yang TPS kategori aman bisa dua personel untuk 4-6 TPS," katanya.

Berdasarkan pemetaan, kata dia, memang ada beberapa desa atau TPS yang memiliki titik kerawanan yang dilihat dari letak geografis hingga jumlah penduduk.

"Misalnya berdasarkan geografis lokasi yang berjauhan, kemudian lokasi tidak bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat, maka kita penebalan di situ," katanya.

Ia mengimbau kepada seluruh personel yang bertugas agar bisa menjaga netral dan tidak memihak kepada salah satu calon kades.

"Kita harus netral sehingga diharapkan bisa memberikan rasa aman, nyaman, dan tenteram. Bisa menyukseskan tahapan Pilkades Serentak 2019," ucapnya.

Pihaknya juga meminta seluruh masyarakat, khususnya desa yang melaksanakan pilkades, agar menjaga keamanannya. Termasuk saat masa tenang, yang berlangsung dari kemarin hingga 23 November besok.

"Kami harapkan di masa tenang kita sama-sama menjaga situasi kondusif sampai nanti pada tahap pemungutan suara dan penetapan pemenang. Apabila ada permasalahan, silakan selesaikan dengan baik sesuai koridor yang ada," katanya.





Simak juga video Tenda Pilkades Porak-poranda Diterjang Puting Beliung:

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)