detikNews
2019/11/21 17:21:26 WIB

Kasus 'Pengantin Pesanan', WN China Jalani Sidang Perdana

Wisma Putra - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kasus Pengantin Pesanan, WN China Jalani Sidang Perdana Terdakwa Shao Dongdong (29) saat menjalani sidang kasus 'pengantin pesanan' di PN Bale Bandung. (Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Pria warga negara (WN) China, Shao Dongdong (29), didakwa dengan pasal penyelundupan manusia dari Indonesia ke China bermodus 'pengantin pesanan'. Sidang perdana yang digelar Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung ini merupakan kasus yang diungkap Tim Pengawas Orang Asing (Pora) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung pada 8 Juli 2019 di Kota Cimahi, Jawa Barat.

Sidang yang dipimpin hakim ketua Zaenal ini berlangsung di Ruang II Wirjono Prodjodikoro, PN Bale Bandung, Kabupaten Bandung, Kamis (21/11/2019). Terdakwa Shao, yang tak bisa berbahasa Inggris dan Indonesia, didampingi Oen Ajid, translator bahasa China.

Shao didakwa 5 tahun penjara karena melanggar Pasal 120 ayat (1) UU RI Nomor 6 Tahun 2011 tentang Imigrasi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana. "Baru pertama kali untuk pasal ini yang berhasil naik ke sidang dan disidangkan. Pasalnya itu berbentuk alternatif, ini bukan human trafficking. Ini penyelundupan. Ranahnya di Imigrasi, bukan di kepolisian," kata JPU Haryanto Hamonangan Purba seusai persidangan.


Dalam kasus ini, menurut Haryanto, terdakwa mencari perempuan asal Indonesia untuk dinikahi dan diboyong ke China. "Modusnya pengantin pesanan," ucapnya.

"Terdakwa Shao Dongdong bersama saksi Erlin (istri) dan saksi Jin Shixiong (teman terdakwa), Senin, 8 Juli 2019, di Kota Cimahi melakukan perbuatan-perbuatan mencari keuntungan dengan membawa seseorang keluar dari wilayah Indonesia," Haryanto menambahkan.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com