detikNews
Kamis 21 November 2019, 12:53 WIB

Hari Pohon, 122 Batang Matoa-Mangga Ditanam di Stasiun Prujakan

Sudirman Wamad - detikNews
Hari Pohon, 122 Batang Matoa-Mangga Ditanam di Stasiun Prujakan Penanaman pohon di area Stasiun Prujakan Cirebon. (Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Cirebon, Jawa Barat, terbilang minim. Dari total luas wilayah Kota Cirebon sekitar 37,54 kilometer persegi, hanya 10 persen wilayah yang dimanfaatkan untuk RTH.

Pemkot Cirebon menargetkan pemanfaatan lahan untuk RTH mencapai 20 persen dari luas wilayah. "Mari kita hijaukan Cirebon. Dari target 20 persen, kita baru 10,4 persen yang sudah hijau," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon Abdullah Syukur seusai penanaman pohon di Stasiun Prujakan, Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (21/11/2019).

Syukur mengatakan penyempitan lahan menjadi salah satu kendala pemanfaatan RTH. "Kita bisa buat vertical garden. Kalau ada lahan kosong, bisa langsung kita manfaatkan untuk penghijauan," ucap Syukur.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif menanam dan merawat pohon, seperti memanfaatkan pekarangan dan lahan kosong di sekitar rumah. Lahan yang hijau, lanjut dia, menjadi salah satu indikator kualitas lingkungan hidup.

Hari Pohon, 122 Batang Matoa-Mangga Ditanam di Stasiun PrujakanPenanaman pohon di area Stasiun Prujakan Cirebon. (Sudirman Wamad/detikcom)
PT KAI Daop 3 Cirebon bekerja sama dengan Pemkot Cirebon menanam seratusan pohon di area Stasiun Prujakan bertepatan memperingati Hari Pohon Sedunia, yang berlangsung hari ini. Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon Tamsil Nurhamedi mengatakan kegiatan penanaman pohon merupakan bentuk kepedulian KAI terhadap kelestarian lingkungan. Selain itu, membantu pemanfaatan lahan sebagai RTH.

"Totalnya ada 122 pohon yang kami tanam. Angka 122 ini juga simbol usia Stasiun Prujakan yang telah melayani pengguna kereta, yang sudah 122 tahun," kata Tamsil.

Ia menyebutkan pihaknya memilih lahan tak produktif seluas 2 hektare untuk dijadikan sebagai RTH. Lokasinya tepat di antara perlintasan kereta api di Stasiun Prujakan Cirebon menuju arah Tegal, Jawa Tengah.

"Semoga ini bisa bermanfaat, bisa mengurangi polusi udara. Menjadi paru-paru bagi Cirebon," ucap Tamsil.
(bbn/bbn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com