Isu Habib Rizieq Dicekal, FPI Jabar: Kalau Tak Dicabut Terus, Lihat Saja

Isu Habib Rizieq Dicekal, FPI Jabar: Kalau Tak Dicabut Terus, Lihat Saja

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 11:52 WIB
Massa di Ciamis meminta pemerintah mencabut pencekalan atas Habib Rizieq Syihab. (Dadang Hermansyah/detikcom)
Massa di Ciamis meminta pemerintah mencabut pencekalan atas Habib Rizieq Syihab. (Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Front Mahasiswa Islam (FMI) Ciamis dan Santri Ciamis melakukan aksi mimbar bebas di Alun-alun Ciamis, Jawa Barat.

Dalam aksi ini, Kamis (21/11/2019), massa membawa spanduk dan poster dengan tulisan dukungan terhadap Rizieq Syihab. Dalam orasinya, massa meminta agar tak ada pihak yang menghalangi kepulangan Rizieq ke Indonesia.


Aksi ini mendapat pengawalan dari Polres Ciamis, Satpol PP Ciamis, dan Kodim 0613/Ciamis. Beberapa anggota Polwan membagikan air mineral kepada peserta aksi. Aksi ini berjalan dengan aman dan lancar.


Ketua DPD FPI Jawa Barat KH Maksum menuturkan saat ini para santri, mahasiswa, tokoh, dan para ulama berkumpul di Ciamis melakukan aksi mimbar bebas. Dalam aksi ini, mereka tak meminta untuk mengembalikan, tidak meminta dana, atau tidak meminta untuk membayar denda Rizieq Syihab.

"Tapi satu yang kami minta, yakni mengembalikan hak asasi. Cekal Habib Rizieq Syihab diminta dicabut. Ada surat cekal sudah ditunjukkan. Dicekal negara sendiri Indonesia," ujar Maksum.

Habib Rizieq Dicekal, FPI Jabar: Kalau Tak Dicabut Terus, Lihat SajaFoto: Dadang Hermansyah/detikcom
Maksum menerangkan Arab Saudi tidak punya kepentingan atau keuntungan terhadap Rizieq, apalagi kaitan masalah hukum.

"Arab Saudi cuma melindungi keselamatan Habib Rizieq. Kalau cekal dicabut, bisa pulang. Jadi bukan tak mau pulang atau tak mau bayar denda. Masalahnya dicekal itu," ucapnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2