Cegah Stunting di Jabar dengan 'Cageur'

Cegah Stunting di Jabar dengan 'Cageur'

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 14:52 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meluncurkan program desa Cageur (Calon Generasi Unggul dan Sarehat) di Desa Ciburuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (20/11/2019). Program dukungan Baznas Jabar ini merupakan upaya mencegah stunting pada anak di Jawa Barat.

Salah satu upayanya dengan pemberian makanan bernutrisi bagi ibu hamil dan pemberdayaan kader. "Ini (desa Cageur) bagus karena memberikan kesadaran kepada masyarakat bahaya stunting. Dengan begitu mereka berusaha untuk menghindar," kata Uu.


Saat ini Jabar menjadi penyumbang kasus stunting yang cukup besar di Indonesia. BKKBN Jabar merilis, 2,7 juta balita atau 29,9 persen balita terkena stunting.

Fokus penangan stunting melalui desa Cageur ini, salah satunya di KBB yang menjadi salah satu dari 11 daerah di Jabar yang rawan kasus stunting, termasuk di Desa Ciburuy.

"Program yang ada di desa ini nantinya akan diawasi oleh tim dokter selama tiga bulan penuh, agar mendapatkan hasil yang maksimal," ucap Uu melanjutkan.

Ketua Baznas Jabar Arif Ramdani sementara itu menuturkan bahwa stunting adalah kondisi dimana anak kurang normal dari sisi pertumbuhannya dan harus dihindari karena akan menciptakan generasi muda yang lemah. "Kami diarahkan untuk mendukung visi Jabar Juara Lahir Batin, salah satunya melalui program kesehatan," ujar Arif.





Tonton juga video Krisis Air di Kabupaten Belu dan Ancaman Stunting yang Mengintai:

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)