detikNews
2019/11/19 18:20:01 WIB

LAPI ITB Teliti Pengeboman Gunung Bohong, Warga Minta Transparansi

Yudha Maulana - detikNews
Halaman 1 dari 2
LAPI ITB Teliti Pengeboman Gunung Bohong, Warga Minta Transparansi LAPI ITB teliti dampak pengeboman Gunung Bohong untuk kepentingan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. (Foto: Dok. LAPI ITB)
Bandung Barat - Tim dari Lembaga Afiliasi Penelitian Indonesia (LAPI) Institut Teknologi Bandung (ITB) meneliti dampak uji coba pengeboman Gunung Bohong ke perumahan warga di kompleks Tipar Silih Asih, Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Sebelumnya, pengeboman dilakukan PT CREC untuk kepentingan pembangunan terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang menerobos Gunung Bohong. Ratusan rumah rusak diduga akibat aktivitas pengeboman itu.

"Sementara kita juga mau membuat survei geolistrik sama survei penentuan GPS untuk memantau pergerakan tanah di lereng dekat rumah warga," ujar peneliti dari Tim LAPI ITB Simon Prassetyo, Selasa (19/11/2019).


Survei tersebut dilakukan, ujar Simon, untuk mengeluarkan desain peledakan (blasting) yang aman.

"Kami diminta sebagai tim independen untuk menganalisis semua itu setelah kejadian (uji coba pengeboman). Jadi saya nggak bisa trace back sebelum kejadian itu seperti apa," ujarnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com