2 Remaja Tenggelam Saat Mandi di Sungai Cimanuk, 1 Ditemukan Tewas

Hakim Ghani - detikNews
Minggu, 17 Nov 2019 17:49 WIB
2 remaja tenggelam di Sungai Cimanuk, 1 telah ditemukan dalam kondisi tewas. (Foto: Dok. Polsek Cibatu)
2 remaja tenggelam di Sungai Cimanuk, 1 telah ditemukan dalam kondisi tewas. (Foto: Dok. Polsek Cibatu)
Garut - Andika (14) dan Habibi (13) tenggelam saat mandi di Sungai Cimanuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (17/11/2019). Andika ditemukan tewas sedangkan Habibi masih hilang.

Kapolsek Cibatu AKP Dudi Tisna Irawan mengatakan, kejadian tersebut berlangsung Minggu siang sekitar pukul 11.30 WIB. Andika dan Habibi mandi di Sungai Cimanuk bersama tiga temannya yang lain.

"TKP tepatnya di kawasan Sungai Cibatu, Kampung Kaum, Desa Keresek, Kecamatan Cibatu. Kejadiannya siang tadi sekitar pukul 11.30 WIB," ujar Dudi saat dikonfirmasi detikcom, Minggu sore.


Dudi mengatakan, berdasarkan keterangan saksi, Andika dan Habibi saat kejadian mandi di Sungai Cimanuk bersama tiga orang temannya. Diduga keduanya terpeleset dan terbawa arus.

"Saksi melihat lima orang anak sedang berkumpul di pinggir sungai. Selang beberapa menit, mendengar anak-anak tersebut berteriak minta tolong," katanya.
Polisi yang mendapat laporan tersebut meluncur ke lokasi. Bersama aparat TNI dan masyarakat setempat, mereka bergerak mencari keberadaan korban.

"Sekira satu jam kemudian satu korban kita temukan, namun dalam keadaan meninggal dunia. Korban yang berhasil ditemukan atas nama Andika," ucap Dudi.

2 Remaja Tenggelam Saat Mandi di Sungai Cimanuk, 1 Ditemukan TewasFoto: Dok. Polsek Cibatu
Menurut Dudi, hingga pukul 16.40 WIB ini tim SAR gabungan masih terus mencari keberadaan Habibi. Tim melakukan penyisiran di air dan di darat.

"Upaya pencarian masih dilakukan. Untuk korban yang sudah ditemukan kita evakuasi ke Puskesmas," ucap Dudi.


Sementara itu, untuk membantu proses pencarian sejumlah anggota tim SAR dari Basarnas diterjunkan ke lokasi. Menurut Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah, satu tim rescue dikerahkan ke lokasi.

"Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung menerima laporan dari masyarakat dan memberangkatkan satu tim rescue ke lokasi kejadian pada pukul 15.30 WIB," ujar Deden dalam keterangan tertulisnya. (tro/tro)