detikNews
Selasa 12 November 2019, 16:20 WIB

Puslabfor Polri Selidiki Kebakaran Kios Pedagang Pasar Pelita Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Puslabfor Polri Selidiki Kebakaran Kios Pedagang Pasar Pelita Sukabumi Tim Puslabfor Mabes Polri menyelidiki penyebab kebakaran kios pedagang Pasar Pelita Sukabumi. (Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri menyelidiki penyebab kebakaran puluhan kios pedagang di Pasar Penampungan Sementara Pelita, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Tim berjumlah tiga orang terlihat mengamati sejumlah titik di area bekas kebakaran. Abu dan arang kebakaran kemudian mereka masukkan ke sejumlah kantong plastik.

Kebakaran itu terjadi pada Sabtu (9/11) malam. "Kami cek semua, mulai yang belum terbakar sampai ke lokasi api pertama kali muncul, kemudian kami cari penjalarannya. Nanti sampel abu dan arang ini kami periksa di laboratorium," kata Kasubid Deteksus Bidang Fisika Puslabfor Bareskrim Polri AKBP Suparno, Selasa (12/11/2019).


Nantinya seluruh barang bukti itu akan dilarutkan untuk kemudian dianalisis secara mendalam oleh tim ahli. Suparno mengaku belum bisa menduga-duga penyebab kebakaran karena harus menunggu hasil pemeriksaan laboratorium selama dua minggu.

Terkait dugaan akibat hubungan pendek arus listrik, ia belum dapat memastikan lantaran ada petunjuk yang sudah bergeser dan tidak ada di tempat kejadian.

"Kami belum bisa menyimpulkan, apalagi menduga. Instalasi tadi saya lihat instalasi listrik, tapi ternyata sudah bergeser dari tempatnya. Kami baru ambil barang bukti berupa abu dan arang. Kami ambil secara acak," tuturnya.

"Barang yang terbakar kami ambil, kerok sampai ke lantai paling dasar. Untuk hasilnya baru bisa diketahui sekitar dua mingguan," Suparno menambahkan.


Menurut Suparno, penyebab kebakaran dapat diketahui berdasarkan analisis laboratorium, termasuk salah satunya dari pengecekan langsung dan pengambilan sampel area yang terbakar.

"Sering ada khasnya, misalkan di bengkel itu suka ada ceceran solar atau bensin. Nah itu nggak krusial karena ada barang yang mudah terbakar. Kalau misalkan penyebab hubungan pendek arus listrik, tapi bukan di sini ya, biasanya bersumber dari tekukan kabel atau sambungan antarkabel yang tidak sempurna," kata Suparno.



Simak juga video "Puluhan Kios Penampungan Pedagang Pasar Pelita Sukabumi Terbakar" :

[Gambas:Video 20detik]


(sya/bbn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com