detikNews
2019/11/09 17:56:33 WIB

Pria di Cirebon Sulap Limbah Kayu Jadi Cincin Jokowi dan Gus Dur

Sudirman Wamad - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pria di Cirebon Sulap Limbah Kayu Jadi Cincin Jokowi dan Gus Dur Pemuda di Cirebon ubah limbah kayu jadi cincin Jokowi. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Imam Santoso (29), pemuda asal Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mampu menyulap balok kayu menjadi cincin karakter wajah dari mulai wajah tokoh bangsa hingga karakter animasi.

Saat ditemui detikcom di kediamannya di Desa Pasindangan, Kecamatan Gunungjati, pemuda kreatif yang akrab disapa Santoso itu sibuk mengerjakan pesanan cincin karakter. Santoso nampak lihai mengolah kayu, dari mulai membuat sketsa wajah hingga memahatnya.


Santoso sudah terbiasa berkawan dengan suara bising dari mesin bor. Ia juga sudah akrab dengan karakter berbagai jenis kayu.

Di sela-sela kesibukannya memahat bahan kayu yang hendak disulap menjadi cincin, Santoso menunjukkan hasil karyanya seperti cincin kayu berbentuk wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mantan Presiden Abdurahman Wahid alias Gus Dur. Selain itu, ada juga cincin kayu berkarakter tengkorak, Hell Boy dan lainnya.

"Prosesnya awalnya itu pemotongan kayu, dibentuk kemudian finishing," ucap Santoso saat berbincang dengan detikcom di kediamannya, Sabtu (9/10/2019).

Pria di Cirebon Sulap Limbah Kayu Jadi Cincin Jokowi dan Gus DurFoto: Sudirman Wamad
Santoso mengaku sudah lima tahunan menggeluti kerajinan cincin karakter. "Awalnya mengukir wajah biasa seperti figura dan lainnya. Tapi, saya ingin mengukir benda yang lebih kecil, tapi tetap realistis. Akhirnya saya coba membuat cincin berkarakter," kata Santoso.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com