detikNews
2019/11/09 13:40:10 WIB

Atasi Krisis Air, TNI-Polri Tanam 8.000 Pohon di Gunung Sawal Ciamis

Dadang Hermansya - detikNews
Halaman 1 dari 2
Atasi Krisis Air, TNI-Polri Tanam 8.000 Pohon di Gunung Sawal Ciamis TNI, Polri dan warga menanam 8.000 pohon di Gunung Sawal Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Kemarau tahun ini membuat warga Kabupaten Ciamis kesulitan air bersih. Itu karena berkurangnya sumber air dalam tanah akibat hutan gundul. Untuk itu, Kodim 0613.Ciamis, Polres Ciamis dan Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdatul Ulama (LPPNU) melaksanakan penanaman 8.000 pohon di Kaki Gunung Sawal Ciamis, Sabtu (9/11/2019).

Penanaman ribuan pohon ini sebagai bentuk langkah jangka panjang mengatasi krisis air bersih. Pohon ditanam di tepatnya di Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Jawa Barat. Pohon juga disebar di beberapa titik kaki gunung.


Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso mengatakan, pada musim kemarau kali ini masyarakat Ciamis mengalami kesulitan air, bencana tanah bergerak dan kebakaran lahan. Diperlukan upaya jangka panjang untuk mengatasinya seperti menghijaukan hutan dengan penanaman 8.000 pohon.

Atasi Krisis Air, TNI-Polri Tanam 8.000 Pohon di Gunung Sawal CiamisFoto: Dadang Hermansyah
Dalam momen Maulid Nabi, Hari Santri Nasional dan Hari Pahlawan, Polisi bersama TNI, NU, Perhutani dan Pondok Pesantren Kasepuhan Atas Angin melaksanakan gerakan penanaman pohon.

"Bakti sosial ini sebagai upaya untuk menghijaukan hutan. Manfaat pohon sangat penting, untuk membuat air bertahan lama dalam tanah, menghasilkan oksigen. Bentuk kecintaan terhadap alam," ucap Bismo.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com