detikNews
2019/11/09 10:40:17 WIB

Hari Ceria, Program Duet Polri-TNI Budayakan Literasi di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Halaman 2 dari 2
Hari Ceria, Program Duet Polri-TNI Budayakan Literasi di Sukabumi Personel TNI dan Polri di Sukabumi mengagas Hari Ceria untuk tingkatkan budaya literasi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Selain literasi, anak-anak juga diajak melakukan kegiatan positif lainnya. Mulai dari permainan tradisional hingga permainan ketangkasan. "Kami alihkan kebiasaan game online dengan mengajak mereka bergerak aktif, main congklak, sondah dan permainan tradisional dan edukatif lainnya," kata Dikri.


Tokoh masyarakat Kampung Cijurey Herman mengatakan anak-anak yang dulunya sepi dari kegiatan atraktif di luar rumah karena terpaku gadget, kini lebih aktif berkegiatan bersama dua aparat tersebut.

"Kadang mereka yang nyamperin langsung ke rumah-rumah. Kadang kalau ada acara-acara Pramuka mereka juga rutin melakukan pembinaan datang langsung. Mereka juga sering bagi-bagi buku untuk anak-anak, tentu sebagai masyarakat kami mendukung kegiatan-kegiatan semacam itu," kata Herman.

Hari Ceria, Program Duet Polri-TNI Budayakan Literasi di SukabumiFoto: Syahdan Alamsyah
Herman menyebut, dengan kegiatan itu juga mampu membendung dampak kecanduan gadget dan pengaruh kenakalan di kalangan pelajar. "Sasarannya memang tidak hanya pada anak SD dan SMP, ada juga anak-anak usia SMK yang mereka rangkul diberi nasihat lalu gabung dalam kegiatan literasi di kampung," ucapnya.
(sya/tro)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com