detikNews
Jumat 08 November 2019, 21:33 WIB

Puluhan Makam di Tasik Terbongkar Misterius, Polisi: Jenazah Tak Diambil

Deden Rahadian - detikNews
Puluhan Makam di Tasik Terbongkar Misterius, Polisi: Jenazah Tak Diambil Warga menunjukkan kondisi makam yang terbongkar. (Foto: ist.)
Tasikmalaya - Polisi turun tangan menyelidiki terbongkarnya puluhan makam di TPU Pakemitan, Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Kejadian menggegerkan ini memunculkan kemisteriusan lantaran seluruh makam yang digali itu hanya pada tanah bagian kepala jenazah. Polisi memastikan semua jenazah dan bagian tubuhnya tidak hilang.

Apa motifnya dan siapa sosok pembongkar makam di satu area tersebut? Polisi masih mengumpulkan informasi dengan meminta keterangan sejumlah saksi.

"Kita pastikan tidak ada jenazah dan bagian tubuh yang diambil. Karena masih dangkal menggalinya," kata Kapolsek Cikatomas AKP Dindin saat dihubungi detikcom melalui telepon, Jumat (8/11/2019).


Versi aparat desa menyebut sebanyak 27 makam yang dibongkar. Sedangkan data polisi jumlahnya 25 makam.

Pembongkaran puluhan makam di TPU Pakemitan itu diperkirakan berlangsung pada Kamis (7/11) malam hingga Jumat dini hari. Peristiwa menghebohkan ini baru diketahui oleh penjaga makam pada Jumat pagi.

"Lebar makam yang digali sekitar 10 sentimeter dengan kedalaman rata-rata 40 sentimeter. Makam yang digali ini makam lama yang sudah terkubur belasan hingga puluhan tahun," ujar Dindin.

Meski tanah makam yang dibongkar sudah ditutup lagi oleh masing-masih pihak keluarga, polis tetap menyelidiki kejadian tersebut. Belum diketahui pasti siapa pelaku yang diduga sengaja membongkar puluhan makam itu.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com