detikNews
Jumat 08 November 2019, 18:11 WIB

Terjerat Kasus Penipuan, Akumobil Optimistis Kembalikan Uang Korban

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Terjerat Kasus Penipuan, Akumobil Optimistis Kembalikan Uang Korban Maryani Wiwik (kiri) pengacara tersangka BJ, bos Akumobil. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Dealer digital Akumobil, yang diduga melakukan penipuan kepada ribuan konsumen mobil murah, tengah berusaha mengembalikan dana milik konsumen atau para korban. Pihak Akumobil juga mengklaim proses refund tengah berjalan.

"Kami prinsipnya juga ke pihak Akumobil uang harus dikembalikan. Bila ada yang mau nunggu unit, saya menyarankan untuk refund. Saya optimis ini bisa selesai," ucap Maryani Wiwik, pengacara BJ selaku bos Akumobil, di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (8/11/2019).


BJ menjabat sebagai Direktur Utama PT Aku Digital Indonesia atau Akumobil. BJ sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penipuan ini.

Wiwik, sapaan Maryani, mengatakan proses refund sudah berjalan. Dia mengklaim refund uang Rp 1 juta sebagai dana ikut undian dalam even 'flash sale' yang digelar Akumobil sudah 90 persen terealisasi.

"Refund yang Rp 1 juta sudah 90 persen. Tapi yang sudah bayar Rp 50 juta ke atas memang baru 30 persen," ujar Wiwik.


Saat ditanya soal ketersediaan dana, Wiwik memang belum memastikan uang untuk pengembalian itu tersedia. Ia menyebut masih akan menelusuri sisa dana penjualan mobil dari aset-aset yang dimiliki BJ.

"Masih diinventarisasi. Uangnya ada atau tidak masih diselidiki. Saya juga ke penyidik meminta untuk selidiki kemana alirannya," katanya.

Wiwik memastikan kliennya akan kooperatif dalam menjalani proses hukum ini. "Untuk ke depan masih pemeriksaan. Keyakinan ibu silakan berproses. Sangkaan terhadap klien saya mari ikuti. Pak BJ juga bukan ditangkap, tapi datang sendiri ke sini. Artinya dia mau mempertanggungjawabkan," tutur Wiwik.


Simak juga video "Nasabah Geruduk Dealer Akumobil Minta Refund" :

[Gambas:Video 20detik]


(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com