Edhy Prabowo Ingin Pasar Ikan Modern Buat Warga Bandung Gemar Ikan

Wisma Putra - detikNews
Sabtu, 02 Nov 2019 19:07 WIB
Foto: Anis Indraini (Edhy Prabowo)
Bandung - Kementerian Kelautan dan Perikanan terus mengkampanyekan gemar makan ikan untuk mencegah stunting. Salah satu caranya dengan membangun Pasar Ikan Modern (PIM).

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo berkesempatan mengunjungi secara langsung salah satu PIM yang ada di Soreang, Kabupaten Bandung. PIM Sabilulungan merupakan lokasi kedua yang dibangun KKP.

Dalam kunjungannya, Edhy didampingi Bupati Bandung Dadang M Naser dan jajaran dirjen yang ada di KKP. Edhy mengatakan, dengan adanya PIM ini diyakini konsumsi ikan warga Bandung Raya terus meningkat.

"Mudah-mudahan pasar ini ke depan terus mendekatkan perikanan ke masyarakat sesuai semangat kita, sesuai tugas Pemerintah Jokowi kepada saya untuk menyelesaikan masalah stunting dan meningkatkan produktivitas budidaya ikan kita," kata Edhy kepada wartawan, Sabtu (2/11/2019).

Menurutnya, selain di Kabupaten Bandung pasar ikan serupa ada di Jakarta dan saat ini juga sedang dibangun kembali di Sumatera Selatan. Pihaknya meminta pemerintah daerah juga mengajukan.

"Di Jakarta udah ada, ini yang kedua. Palembang lagi proses, kita akan dorong, tergantung pemerintah daerah mana yang aktif dan rajin," ujarnya.


Ia mengajak juga pemerintah daerah lain bahu-membahu menyelesaikan masalah stunting di Indonesia dan membangun sarana untuk menyediakan tempat khusus menjual ikan dan juga diharapkan menjadi ladang usaha baru bagi masyarakat.

"Kami terus bekerjasama dengan pemerintah daerah di Indonesia termasuk Kabupaten Bandung, bahu membahu menyelesaikan permaslahan stunting dan kami akan selalu terus bahu membahu untuk meningkatkan perikanan budidaya. Semoga di bidang perikanan juga, mendapatkan penghasilan baru untuk masyarakat kita," jelasnya.

Dalam kunjungannya, Edhy juga menyerap beragam aspirasi pedagang agar fasilitas di pasar itu lebih sempurna. Hal itu juga bertujuan untuk kenyamanan para pengunjung.

"Tadi ada masukan katanya masih kurang es (menimbulkan bau tak sedap), kita akan coba walaupun sudah ada dua pabrik es berkapasitas 1,5 ton x 2. Pusat mendorong, Pemerintahan daerah menjemput bola, yang jelas masukan lain yaitu promosi. Ini baru awal, saya yakin begitu udah dipromosikan Soreang (maju)," tambahnya.

Edhy mengajak warga Kabupaten Bandung untuk gemar makan ikan. Apalagi saat ini pemerintah sudah menyediakan fasilitas pasar ikan modern agar mudah dijangkau warga.

"Buat masyarakat Kabupaten Bandung di sinilah salah satu kabupaten terpadat kedua di Indonesia. Ini jangan sampai ketinggalan dengan adanya ikan yang semakin mendekatkan diri ke masyarakat. Kita cegah stunting, kekerdilan. Anak-anak kita harus diberi asupan ikan," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang M Naser menghaturkan terimakasih kepada pemerintah pusat yang sudah membangun pasar ikan modern di Kabupaten Bandung. Ia berharap, stunting di Kabupaten Bandung bisa terselesaikan dengan masyarakat gemar mengkomunikasi ikan.

"Tentu saya atas nama rakyat Kabupaten Bandung mengucapkan terimakasih kepada KKP dan Pak Menteri yang baru dilantik langsung hadir di PIM Soreang. Saya haturkan terimakasih, kami sangat berharap ini lebih disempurnakan dimana distribusi ikan dari PIM Soreang ini bisa didistribusikan ke wilayah Bandung Raya dan seluruh desa di Kabupaten Bandung," kata Dadang.

"Untuk program tadi meningkatkan makan ikan, semoga rakyat Bandung lebih cerdas dengan memakan ikan," pungkasnya.


Simak Video "Menteri KKP Blusukan Perdana ke Muara Angke"

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mud)