detikNews
Kamis 31 Oktober 2019, 09:03 WIB

Catat, Pemkab Bandung Buka 309 Formasi CPNS 2019

Wisma Putra - detikNews
Catat, Pemkab Bandung Buka 309 Formasi CPNS 2019 Foto: Istimewa
Kabupaten Bandung - Pemkab Bandung akan membuka pendaftaran bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 sebanyak 309 formasi. Bila tidak ada perubahan, jadwal pendaftaran seleksi CPNS ini akan dibuka secara serentak pada 11 November mendatang.

"Formasi CPNS Kabupaten Bandung, kami mendapatkan 309 formasi. Terdiri dari tenaga pendidik sebanyak 53 formasi, tenaga kesehatan 136 formasi dan tenaga teknis lainnya sebanyak 120 formasi untuk rekrutmen CPNS 2019," kata Kepala Badan Kepegawain dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Wawan Ridwan via sambungan telepon, Kamis (31/10/2019).

Wawan mengungkapkan, formasi CPNS di Kabupaten Bandung masih didominasi oleh tenaga pendidik dan kesehatan. Namun untuk tenaga pendidik dan kesehatan ini sebagian sudah diakomodir oleh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K/PPPK).

"Jumlah P3K di Kabupaten Bandung hasil seleksi 2019 sebanyak 707 orang yang masuk dari kategori II. Jadi secara usia mereka sudah tidak bisa mendaftar CPNS maka diakomodir melalui P3K," ungkapnya.

Ia berujar, setiap tahun jumlah PNS di Kabupaten Bandung yang memasuki usia pensiun kurang lebih mencapai sekitar 800-900 orang. Dengan didominasi dari tenaga pendidikan dan kesehatan.

"Jadi jumlah formasi ini (309) sudah ditetapkan melalui Surat Keputusan Meteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2019. Sudah ada keputusan penetapan formasi yang didapatkan oleh masing-masing pemerintah daerah," ujarnya.

"Pada Bulan November ini akan ada seleksi administrasi, dimulai dari kelengkapan data pribadi, seperti foto, surat keterangan sehat, SKCK, ijazah terakhir dan kelengkapan data administrasi lainnya," tambahnya.

Selanjutnya data yang sudah masuk akan diverifikasi oleh tim seleksi daerah. Jika sudah lolos seleksi administrasi sesuai dengan formsi dan basic ilmu pendidikan yang sudah ditentukan, peserta wajib mengikuti seleksi selanjutnya yang akan dilaksanakan di bulan Maret 2020.

"Sesuai rencana akan diselenggarakan di bulan Maret 2020. Ada seleksi tes kemampuan dasar (TKD) dan seleksi tes kemampuan bidang (TKB). Yang kami selenggarakan bekerjasama dengan Telkom University," tuturnya.

Selain itu Wawan menambahkan informasi terkait seleksi CPNS Kabupaten Bandung ini dapat diakses melalui website BKPSDM di bkpsdm.bandungkab.go.id. dan melalui media sosial facebook dan instagram BKPSDM.

"Kami akan memberikan informasi selengkapnya kepada masyarakat terkait rekrutmen CPNS di Kabupaten Bandung ini melalui website dan medsos BKPSDM atau bisa langsung datang ke kantor BKPSDM Kabupaten Bandung langsung," pungkasnya.
(ern/ern)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com