detikNews
Senin 28 Oktober 2019, 16:36 WIB

Pemkot Bandung Minta Rute Penerbangan Dipindah Lagi dari BIJB ke Husein

Mochamad Solehudin - detikNews
Pemkot Bandung Minta Rute Penerbangan Dipindah Lagi dari BIJB ke Husein Bandara Husein Sastranegara/Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Pemerintah Kota Bandung meminta agar rute penerbangan yang kini dialihkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) untuk dikembalikan ke Bandara Husein Sastranegara. Hal itu karena jumlah wisatawan ke Bandung merosot tajam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari mengatakan pengalihan 13 rute penerbangan dari dan menuju Bandara Husein dilihkan ke BIJB berdampak terhadap kunjungan wisata ke Kota Bandung.

Berdasarkan data yang ada, kata dia, terdapat penurunan kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik ke Kota Bandung melalui Bandara Husein Sastranegara mencapai 150 ribu orang.

"Jadi ongkoh (katanya) Bandung teh top ten destinasi wisata. Tapi kalau akses udara ditutup yang gimana mau jadi destinasi wisata," ucapnya, saat ditemui di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Kota Bandung, Senin (28/10/2019).

Selain itu, lanjut dia, gara-gara adanya pengalihan sejumlah rute penerbangan Kota Bandung juga sudah tidak menjadi lokasi favorit untuk penyelenggaraan MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition). Hal itu disebabkan akses penerbangan yang kini terbatas.

"Untuk MICE pun, Bandung jadi kota yang dilewat karena mereka lebih senang langsung ke Bali atau Yogja dari Jakarta, gara gara (akses penerbangan) Bandara Husein (terbatas)," ucapnya.

Untuk itu, dia meminta agar rute penerbangan di Bandara Husein dikembalikan seperti semula. Apalagi sampai saat ini BIJB kurang maksimal seiring belum selesainya Jalan Tol Cisumdawu sebagai salah satu akses pendukung ke bandara tersebut.

"Bandara Husein na weh dibuka deui (lagi) jangan ditutup. Sementara Cisumdawu belum selesai atuh buka we heula (buka dulu). Yang kemarin 13 rute itu balikin dulu ajah ke Kota Bandung karena potensinya masih luar biasa," ucapnya.

Dia juga melihat, kondisi BIJB belum sesuai dengan harapan. Kondisinya masih sepi. "Jadi sambil nunggu Cisumdawu selesai dan tugas dibalikin aja dulu (ke Bandara Husein). Sekarang BIJB juga sepi," katanya.

Kenny mengaku, sudah melakukan komunikasi dengan DPRD Kota Bandung terkait masalah tersebut. Pengembalian sejumlah rute itu perlu dibahas dan diupayakan bersama karena memerlukan loby tingkat tinggi.

"Alhamdulillah anggota dewan juga mendukung ini perlu lobi tingkat tinggi dengan pemerintah pusat dan Jawa Barat. Insya Allah anggota dewan Kota Bandung sangat mendukung," ujarnya.


Simak juga video "Sepinya Bandara Bandung Setelah Penerbangan Dialihkan ke Kertajati" :

[Gambas:Video 20detik]


(mso/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com