detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 17:28 WIB

Puslabfor Olah TKP Lokasi Ledakan Pipa Pertamina di Cimahi

Yudha Maulana - detikNews
Puslabfor Olah TKP Lokasi Ledakan Pipa Pertamina di Cimahi Puslabfor Polri lakukan olah TKP di lokasi pipa Permina yang meledak. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi - Pusat Laboratoriun Forensik (Puslabfor) Polri melakukan olah TKP titik ledakan pipa Pertamina di Kampung Mancong, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi pada Rabu (23/10/2019) sekitar pukul 15.30 WIB.

Pantauan detikcom, Tim Labfor yang beranggotakan empat orang itu memeriksa di sekitar alat berat yang terbakar, kemudian mengambil sampel cairan yang diduga bahan bakar minyak dan membawanya.


Proses olah TKP ini berlangsung selama kurang lebih setengah jam. Wartawan yang berupaya mengambil gambar diminta untuk menjauh dari lokasi pipa yang bocor. Sebab terdapat konsentrasi gas tinggi yang rentan meledak.

"Sekarang baru mengumpulkan data teknis dulu untuk dilakukan pemeriksaan. Jadi baru tahap awal investigasi penyebab kebakaran," ujar Kompol Karya Wijayadi, Katim Puslabfor Mabes Polri di lokasi.

Puslabfor Polri Lakukan Olah TKP di Lokasi Ledakan Pipa PertaminaFoto: Yudha Maulana
Karya masih enggan membeberkan penyebab utama meledaknya pipa Pertamina yang berada di samping ruas Tol Purbaleunyi KM 129 itu.

"Masih pemeriksaan dan pengumpulan dokumentasi. Nanti akan ada proses pemeriksaan lanjutan, belum masuk ke ranah penyebab kebakaran," katanya.

Setelah mengambil sampel, pihaknya bersama Satreskrim Polres Cimahi memeriksa dua orang pekerja dari Pertamina di dalam tenda hitam Korps Sabhara.


Sementara itu, Kapolsek Cimahi Selatan Kompol Sutarman mengatakan, pihaknya hanya sebagai pendamping di lokasi saat pelaksanaan olah TKP berlangsung.

"Kami hanya pendamping saja, kalau yang olah TKP itu dari Puslabfor. Pemeriksaan saksi juga Puslabfor dengan Satreskrim Polres Cimahi," ujarnya.


Simak juga video "WNA Pekerja Proyek Kereta Cepat Tewas dalam Kebakaran Pipa Pertamina" :

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com