detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 12:44 WIB

Vakum 3 Bulan, Pedagang di TWA Tangkuban Perahu Mulai Beraktivitas

Yudha Maulana - detikNews
Vakum 3 Bulan, Pedagang di TWA Tangkuban Perahu Mulai Beraktivitas Pedagang di Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Perahu. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Aktivitas pedagang di Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Perahu kembali menggeliat. Ribuan pedagang kembali mengais rezeki setelah vakum sekitar tiga bulan pascaerupsi.

Wahyu Suherman (39), pedagang hiasan ukir, mengaku sempat menjual modal usahanya untuk menutup keperluan rumah tangga dan biaya sekolah ketiga anaknya. "Saya sempat berjualan di Grafika, alhamdulillah pedagang di sana bisa mengerti keadaan kami," ujar Wahyu saat ditemui detikcom, Selasa (22/10) kemarin.


Pada hari kedua TWA Tangkuban Perahu beroperasi kembali, Wahyu lebih berfokus membersihkan kios dan menata kembali barang-barang dagangannya.

"Barang dagangan dibawa pulang dulu semuanya, soalnya lumayan barangnya takut rusak," kata Wahyu.
Vakum 3 Bulan, Pedagang di TWA Tangkuban Perahu Mulai BeraktivitasPedagang di Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Perahu. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Selain Wahyu, pasangan suami istri, Ade Nurjaman (35) dan Nuraini (30) juga tampak menata barang dagangannya. "Suami saya yang berdagang, erupsi kali ini paling lama, kalau tahun 2013 hanya satu bulan," ucap Nuraini.

Ia berharap aktivitas wisata di Tangkuban Perahu kembali normal. "Alhamdulillah di hari pertama juga ramai, sekarang kebanyakan pedagang masih fokus bersih-bersih," katanya.

Pantauan detikcom, area wisata di Kawah Ratu hampir bersih dari abu vulkanik. Sebagian area wisata di wilayah timur masih diselimuti abu dengan intensitas tipis, tampak sejumlah petugas dan pedagang berjibaku membersihkan abu.


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com