detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 12:37 WIB

Operasi Zebra di Cirebon, Pelanggar Langsung Sidang di Lokasi Razia

Sudirman Wamad - detikNews
Operasi Zebra di Cirebon, Pelanggar Langsung Sidang di Lokasi Razia Pelanggar Operasi Zebra di Cirebon langsung menjalani sidang. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Polres Cirebon menggelar Operasi Zebra Lodaya 2019. Petugas gabungan dari Kejaksaan Negeri (Kejari), TNI dan lainnya turut dilibatkan.

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto mengatakan, petugas gabungan langsung menindak pelanggar lalu lintas di lokasi operasi.

"Sidang pelanggarannya langsung di lokasi. Kalau SIM mati bisa langsung diperpanjang. Kejaksaan juga melibatkan mobil tilang, jadi denda langsung dibayar di lokasi," kata Suhermanto usai gelar pasukan di Jalan Raya Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (23/10/2019).

Ia mengatakan, pelanggar lalu lintas yang sudah membayar denda tilang bisa langsung mengambil surat-suratnya kembali. Sehingga, adanya petugas gabungan mempermudah proses pelayanan.

"Kita menyasar pelanggar yang tidak menggunakan helm. Kemudian kelengkapan kendaraan yang tidak lengkap," katanya.

Operasi Zebra di Cirebon, Pelanggar Langsung Disidang di Lokasi RaziaFoto: Sudirman Wamad
Suhermanto menambahkan, operasi dilaksanakan mulai hari ini hingga 5 November mendatang. Ia berharap adanya operasi zebra bisa meningkatkan kesadaran tertib lalu lintas.

"Setiap tahun pelanggaran meningkat dari tahun 2017 hingga 2018. Meningkat karena kita semakin aktif menindak, kesadaran masih minim dan volume kendaraan makin bertambah," katanya.

Di tempat yang sama, Kasat Lantas Polres Cirebon AKP Asep Nugraha mengatakan, pihaknya mengerahkan puluhan personel gabungan. "Ada 30 dari polisi di sini. Ada juga dari instansi lain. Pelanggar yang kita tilang langsung kita proses dan surat-suratnya bisa diambil langsung," kata Asep.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com