detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 11:59 WIB

Operasi Zebra di Ciamis, Kapolres: Untuk Menekan Angka Kecelakaan

Dadang Hermansyah - detikNews
Operasi Zebra di Ciamis, Kapolres: Untuk Menekan Angka Kecelakaan Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso pimpin gelar pasukan Operasi Zebra 2019 di Kabupaten Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Satlantas Polres Ciamis akan menggelar Operasi Zebra Lodaya 2019 mulai 23 Oktober hingga 14 hari ke depan. Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso mengingatkan kepada pengendara untuk urus kelengkapan surat kendaraan. Karena salah satu faktor tingginya angka kecelakaan, kurang nyamannya pengendara ketika tak memiliki SIM.

"Operasi ini untuk menekan angka kecelakaan. Urus kelengkapan kendaraan dan urus SIM. Kalau semua lengkap, berkendara di mana saja nyaman. Karena pelanggaran ini salah satu faktor yang mempengaruhi keamanan di jalan," ujar Bismo di Mapolres Ciamis usai gelar pasukan, Rabu (23/10/2019).


Dalam Operasi Zebra Lodaya, polisi akan memberlakukan penindakan berupa teguran hingga tilang dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

"Sasarannya kelengkapan kendaraan, surat-surat, helm, pengguna jalan sendiri sesuai umur atau tidak. Siapa tau enggak bawa surat, pengendara jadi panik sehingga itu membahayakan bagi diri sendiri dan pengendara lain," kata Bismo.

Operasi Zebra di Ciamis, Kapolres: Untuk Menekan Angka KecelakaanFoto: Dadang Hermansyah
Menurut Bismo, angka kecelakaan di Kabupaten Ciamis sampai dengan Oktober 2019 dibanding 2018 lalu ada peningkatan namun tidak signifikan. Untuk itu, Bismo mengimbau kepada pengguna jalan di Ciamis untuk memperhatikan kesiapan sebelum berkendara.

"Kendaraannya, pengendara juga yang diboncengnya. Semuanya mempengaruhi, pengguna jalan lain harus saling menghargai, kondisi jalan dan rambu-rambu juga," ucap Bismo.


Polres Ciamis juga akan datang bersilaturahmi ke sekolah-sekolah menyasar para pelajar untuk mengingatkan tata tertib dalam berlalu lintas. Bagi yang belum cukup umur sebaiknya tak menggunakan kendaraan.

"Kami juga berkoordinasi dengan Denpom, Kodim Ciamis dan Pemkab Ciamis melaksanakan Operasi Zebra bersama," ujarnya.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com