detikNews
2019/10/22 21:38:32 WIB

Warga Ronda Malam Setelah Kebakaran Pipa Pertamina di Cimahi

Yudha Maulana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Warga Ronda Malam Setelah Kebakaran Pipa Pertamina di Cimahi Petugas berupaya memadamkan kobaran api yang membakar pipa Pertamina di Kota Cimahi, Jawa Barat. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi - Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana meminta warga untuk melaksanakan ronda malam pascakebakaran pipa Pertamina di Kampung Mancong, Kelurahan Melong, Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019).

"Masyarakat yang ada di sekitar (lokasi kebakaran) untuk berjaga dan memantau apabila ada kobaran api atau kebakaran susulan," ujar Ngatiyana di lokasi kejadian.


Ia mengimbau agar warga segera melapor jika melihat percikan api di sekitar area bekas kebakaran. "Masyarakat harus bisa menjaga lingkungan dan tak berbuat hal yang memicu datangnya api di sekitar lokasi," ucapnya.

Kebocoran minyak Pertamina DEX itu tumpah ke pematang sawah warga dan saluran air yang berada di sekitarnya. "Kami dari pemerintah akan berkoordinasi dengan Pertamina dan menginventarisir kerusakan apa yang ada. Kemudian bisa ada penduduk yang merasa dirugikan akan kami fasilitasi dengan baik," tutur Ngatiyana.

Saat ini, polisi masih menyelidiki penyebab pasti terbakarnya pipa Pertamina. Pipa itu diduga terkena bor kendaraan alat berat proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Kami masih melakukan penyelidikan, termasuk adanya korban. Karena saat ini petugas dari BPBD dan stakeholder terkait masih pemeriksaan," ucap Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Surayanagara.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com