detikNews
Selasa 22 Oktober 2019, 16:48 WIB

Selalu Sepi, Wawalkot Minta PD Pasar Ngantor di Pasar Sarijadi Bandung

Mochamad Solehudin - detikNews
Selalu Sepi, Wawalkot Minta PD Pasar Ngantor di Pasar Sarijadi Bandung Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Setelah direvitalisasi dan diresmikan pada 2017, kondisi Pasar Sarijadi, Kota Bandung, saat ini kian memprihatinkan. Pasar seharga Rp 19,5 miliar itu sepi dari pengunjung dan sebagian besar ruang dagang kosong tak berpenghuni.

Menanggapi hal itu, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana akan meminta PD Pasar Bermartabat selaku pengelola untuk berkantor di pasar tersebut. Dengan begitu, pihak manajemen bisa lebih tahu solusi terbaik agar pasar yang kini hanya diisi 18 pedagang itu bisa ramai.

"Kelihatannya salah satunya mungkin PD Pasar berkantor di sana (Pasar Sarijadi). Terus mudah-mudahan itu jadi trigger aktivitas perdagangan bisa meningkat," kata Yana di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Selasa (22/10/2019).


Disinggung mengenai masalah yang menyebabkan Pasar Sarijadi sepi, Yana mengaku belum tahu secara pasti. Dalam waktu dekat dia akan berkunjung guna mengetahui kondisi pasti salah satu pasar tematik di Kota Bandung itu. "Nantilah saya lihat dulu, saya juga belum tahu," ucapnya.

Ditemui terpisah, anggota Komisi B DPRD Kota Bandung Christian Julianto Budiman menyarankan Pemkot Bandung bersama PD Pasar menginventarisasi masalah yang kini terjadi di Pasar Sarijadi, sehingga solusinya bisa berjalan sesuai kebutuhan.

"Kita harus koordinasi dulu (dengan Pemkot dan PD Pasar) kita tanya langsung. Menurut PD Pasar kendalanya apa saja, terus kita cek langsung ke lokasi. Solusinya harus dicari sama-sama," ucapnya.


Dia juga meminta Pemkot Bandung melakukan banyak promosi agar Pasar Sarijadi bisa semakin dikenal. Berbagai kegiatan juga bisa dilakukan agar bisa menarik minat pembeli datang.

"Kenapa nggak mau beli, misal akses nggak ada. Ini harus duduk bersama, promosi juga. Banyak kegiatan rutin di sana," ujarnya.


Sebagaimana diketahui, Pasar Sarijadi merupakan salah satu pasar tematik yang digagas oleh Ridwan Kamil saat masih menjabat Wali Kota Bandung. Namun, sejak diresmikan pada 2017, geliat ekonomi di pasar tersebut jauh dari yang diharapkan.

Berdasarkan pantauan detikcom Kamis (17/10/2019), kondisi pasar terlihat sepi. Tidak tampak aktivitas keramaian seperti di pasar tradisional lainnya. Para pedagang bahkan banyak 'menganggur' menunggu datangnya pembeli.

Dari tiga lantai, ruang dagang yang terisi hanya terlihat berada di lantai satu saja dan itu juga tidak terisi penuh. Sementara sisanya tidak berpenghuni.


Simak juga video "Pasar Wit-witan, Merawat Tradisi dengan Inovasi" :

[Gambas:Video 20detik]


(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com