detikNews
2019/10/22 16:09:11 WIB

Apartemen Berfungsi Indekos-Hotel di Bandung Akan Kena Pajak

Mochamad Solehudin - detikNews
Halaman 2 dari 2
Apartemen Berfungsi Indekos-Hotel di Bandung Akan Kena Pajak Kepala BPPD Kota Bandung Arief Prasetya (Mochamad Solehudin/detikcom)

Dalam undang-undang tersebut apartemen merupakan pengecualian dari pajak hotel. Pemkot Bandung mengaku sudah menyampaikan kendala yang dihadapi kepada pemerintah pusat. Menurut Arief, saat ini pemerintah tengah merevisi terhadap aturan yang ada termasuk untuk pajak transaksi online.

"Kalau (pajak) online sedang dilakukan revisi di pusat dan yang apartemen sedang direvisi juga. Mudah-mudahan era kepemimpinan baru ada penyegaran lagi," katanya.

Ia menambahkan, piutang PBB dan pajak lainnya di BPPD Kota Bandung mencapai Rp 1 triliun lebih. Pemkot Bandung akan berkoordinasi dengan Kantor Pelayanan Pajak untuk menyelesaikan permasalahan piutang tersebut.

"Kami optimistis bisa menyelesaikan semua. Sampai akhir tahun, 50-60 persen untuk piutang PBB bisa diperoleh. Sebab ada Sunset Policy (penghapusan denda)," ujar Arief.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menuturkan beragam program telah digulirkan oleh BPPD untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Salah satu program yang digulirkan adalah Sunset Policy atau penghapusan denda yang bisa dimanfaatkan hingga 31 Desember 2019.

Adanya kebijakan tersebut, kata Yana, diharapkan pelaku usaha dan para wajib pajak bisa segera membayarkan kewajibannya, sehingga pendapatan daerah semakin meningkat yang berdampak terhadap pembangunan.

"Saat peralihan (dari Direktorat Jenderal Pajak) banyak catatan yang mungkin menyisakan piutang. Nah itu terus ngegantung. Mudah-mudahan dengan program ini ada yang bayar dan dihapus piutangnya supaya tidak membebani neraca keuangan," ucap Yana.
(mso/bbn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com