detikNews
Senin 21 Oktober 2019, 18:52 WIB

Minim Air, Kebakaran di Gunung Cengkik dan Sirnalanggeng Sulit Padam

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Minim Air, Kebakaran di Gunung Cengkik dan Sirnalanggeng Sulit Padam Kebakaran terjadi di dua gunung Karawang. (Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom)
Karawang - Proses pemadaman kebakaran Gunung Cengkik dan Sirnalanggeng di Kabupaten Karawang terkendala pasokan air. Petugas Damkar dan warga tak punya sumber air yang cukup saat memadamkan api yang cepat merembet.

"Kita ada kesulitan pasokan air karena tak ada sumber air di sini. Tapi sedang diusahakan satu tangki air sedang dalam perjalanan ke sini," kata Mahpudin, Camat Tegalwaru kepada wartawan, Senin (21/10/3019).


Mahpudin bercerita, kebakaran tersebut berasal dari hutan bambu yang dikelola PT Sentraloka pada pukul 13.00 WIB. Api kemudian merembet membakar ilalang di kaki Gunung Cengkik.

Namun tak lama kemudian, api merembet hingga ke kaki Gunung Sirnalanggeng yang hampir habis ditambang. Api bahkan hampir masuk ke area tambang PT Atlasindo. "Yang terbakar satu titik di Gunung Cengkik. Tidak lama kemudian timbul sekitar 5 titik api di Gunung Sirnalanggeng," kata Akim, warga Desa Cintalanggeng.


Akim mengaku menyaksikan angin kencang mempercepat rembetan api. Alhasil kebakaran sempat meluas hingga ke pemukiman warga. Beruntung, petugas pemadam kebakaran dengan cadangan air yang terbatas berhasil menyekat api.

"Alhamdulillah titik api ke (rumah) warga padam. Hanya api sekarang merambat ke atas Gunung Sirnalanggeng," kata Akim.


Simak juga video "Gunung Cengkik dan Sirnalanggeng Terbakar, Petugas dan Warga Turun Tangan" :

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com