detikNews
Sabtu 19 Oktober 2019, 11:26 WIB

Fenomena Crosshijaber, Satpol PP Bandung Akan Patroli di Masjid

Mochamad Solehudin - detikNews
Fenomena Crosshijaber, Satpol PP Bandung Akan Patroli di Masjid Foto: Twitter
Bandung - Satpol PP Kota Bandung melakukan patroli ke sejumlah masjid untuk mengantisipasi tindakan menyimpang komunitas crosshijaber. Selain demi memberi rasa nyaman, kegiatan itu juga diharapkan bisa menekan tindakan kriminal.

Sebagaimana diketahui, fenomena crosshijaber bikin geger media sosial setelah terungkapnya komunitas pria yang suka berdandan layaknya perempuan. Para pria itu tanpa rasa malu menggunakan hijab lengkap dengan gamis dan kerudung.

Mereka berani menampakkan diri di muka publik bahkan masjid. Sebagian dari pelaku ada juga yang menggunakan cadar atau nikab untuk menutupi identitas asli mereka.

Paling mengkhawatirkan, para crosshijaber juga ikut beribadah hingga masuk ke dalam toilet khusus perempuan. Hal itu tentu membuat resah masyarakat khususnya perempuan.

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kota Bandung Taspen Efendi menyatakan, telah mengetahui fenomena menyimpang itu. Demi memberi rasa aman dan nyaman pihaknya akan menggalakan patroli khususnya di masjid-masjid.

"Khawatir menganggu kenyamanan atau risih para wanita yang melakukan ibadah dan tidak menutup kemungkinan bisa jadi kriminal. Untuk antisipasi Satpol PP Bandung, kita sebar Mojang Satpol PP. Mereka ikut berbaur dan beri informasi terkait itu," ucapnya, saat dihubungi, Sabtu (19/10/2019).

Pihaknya akan mencoba menyiagakan Mojang Satpo PP ke sejumlah masjid. Mereka akan berpatroli dan mengawasi hal-hal mencurigakan. Selain itu juga demi mengantisipasi tindakan kriminal lainnya. Saat ini kurang lebih ada 30 Mojang Satpol yang disiagakan.

"Kita juga antisipasi yang mengarah kriminal. Karena kan kalau lagi salat perempuan itu tas suka di mana saja. Jadi kita beri informasi itu kalau ada hal mencurigakan langsung koordinasi dengan Satpol PP atau aparat kepolisian," ujarnya.




Fenomena Crosshijaber Bikin Resah, Pengurus Masjid Waspada:

[Gambas:Video 20detik]



(mso/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com