detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 18:26 WIB

Sekdes: Terduga Teroris JAD Cirebon W Bekerja di BUMN Tasikmalaya

Sudirman Wamad - detikNews
Sekdes: Terduga Teroris JAD Cirebon W Bekerja di BUMN Tasikmalaya Polisi geledah rumah terduga teroris W di Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Tim Densus 88 Antiteror mengamankan pria berinisial W di salah satu toserba yang berada di kawasan Jalan Karanggetas Kota Cirebon, Jawa Barat, pada Kamis (17/10/2019) sore.

Keesokan harinya petugas langsung bergerak menggeledah kediaman W yang berada di Desa Kalitengah, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon. Hasilnya, petugas menyita sejumlah barang bukti berupa senjata tajam jenis parang, buku tulis, laptop dan dokumen lainnya.


Masyarakat setempat tak menyangka W diduga terlibat jaringan teroris. W terindikasi terlibat jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Menurut Sekretaris Desa Kalitengah Zaenal Lukman, W dikenal sebagai pribadi yang pendiam.

"Sepengetahuan saya sih karyawan BUMN Tasikmalaya. Orangnya pendiam, banyak di rumah daripada bergaul sama warga," kata Zaenal usai penggeledahan di kediaman orang tua W, Jumat (18/10/2019).

Zaenal kaget saat mendapat laporan tentang penangkapan W. Menurutnya, W mengalami perubahan terutama dari cara berpakaian setelah bekerja di salah satu BUMN itu. "Kalau pulang ke sini juga jarang, sebulan sekali mungkin. Ya di rumah saja. Saya juga jarang lihat, jarang komunikasi juga," katanya.


Senada disampaikan Ketua RW 02 Desa Kalitengah Didi Suhardi. "Ya jarang keluar rumah. Selama ini memang tidak pernah bermasalah dengan tetangga," kata Didi.

Didi mengaku sempat berbincang dengan orang tua W. Menurut pengakuan orang tuanya, kata Didi, W jarang keluar rumah dan memilih menonton tayangan televisi atau lainnya.

"Ya kata orang tuanya sih banyak nonton tivi di rumah, mainan hape. Ya sewajarnya saja lah," katanya.


Sebelumnya, Tim Densus 88 Antiteror mengamankan dua terduga teroris di Kota Cirebon. Kedua terduga teroris berinisial A dan W diamankan pada Kamis (17/10/2019) kemarin.

Kapolresta Cirebon AKBP Roland Ronaldy menyebut, terduga teroris A diamankan di Jalan Suratno Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Sedangkan W diamankan di salah satu toserba yang berada di Jalan Karanggetas, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Hari ini, Jumat (18/10/2019), Densus 88 dibantu Polresta Cirebon menggeledah kediaman dua terduga tersebut.

"Penangkapan kedua orang yang bersangkutan ini masih satu rangkaian dengan penangkapan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) sebelumnya di Kota Cirebon," kata Roland usai penggeledahan, Jumat (18/10/2019).


Simak juga video "Densus 88 Tangkap 40 Orang Terduga Teroris" :

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com