detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 11:37 WIB

Prihatin Pasar Sarijadi Bandung 'Mati', DPRD Akan Panggil Pengelola

Mochamad Solehudin - detikNews
Prihatin Pasar Sarijadi Bandung Mati, DPRD Akan Panggil Pengelola Pasar Sarijadi Bandung sepi ditinggal pedagang dan pembeli. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - DPRD Kota Bandung segera memanggil PD Pasar Bermartabat untuk meminta penjelasan mengenai kondisi Pasar Sarijadi yang 'mati' dan pengelolaan pasar tradisional lainnya di Kota Bandung.

Anggota Komisi B DPRD Kota Bandung Andri Rusmana mengaku sangat prihatin dengan kondisi yang ada. Menurutnya PD Pasar selaku pengelola Pasar Sarijadi perlu melakukan gebrakan demi memaksimalkan salah satu asetnya tersebut.

"Prihatin pisan (prihatin sekali)," katanya melalui pesan singkat yang diterima, Jumat (18/10/2019).


Menurutnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab sepinya Pasar Sarijadi. Pertama, saat ini masih terjadi kekosongan pimpinan di jajaran direksi PD Pasar. Dirut PD Pasar masih dijabat seorang Pelaksana Tugas (Plt) sehingga jalannya roda perusahaan kurang berjalan maksimal.

"Padahal kalau lihat tempat sudah bagus, tinggal pengelolaannya saja," ucapnya.

Dia juga menyarankan, agar PD Pasar bisa menarik para pedagang di Pasar Cibogo untuk pindah ke Pasar Sarijadi. Karena sekarang ini sebagian besar pembeli lebih memilih berbelanja ke Pasar Cibogo ketimbang ke pasar senilai Rp 19,5 miliar itu.

"Menarik juga kalau Pasar Cibogo dipindah ke sana. Dengan catatan diberikan keringanan sewa atau gratis untuk awal sehingga fungsi sebagai ruang dagang akan ramai," katanya.


Andri berharap Pemkot Bandung segera merespon permasalahan yang ada. Proses seleksi terbuka untuk pemilihan Direktur Utama PD Pasar juga harus segera dilakukan.

"Insyaallah dalam waktu dekat juga komisi B akan memanggil Plt PD Pasar beserta jajarannya," ujarnya.

Pasar Sarijadi, Kota Bandung kondisinya begitu memprihatinkan. Bangunan pasar seharga Rp 19,5 miliar itu nampak sepi dan sebagian besar ruang dagang kosong tidak berpenghuni.


Sebagaimana diketahui, Pasar Sarijadi merupakan salah satu pasar tematik yang digagas oleh Ridwan Kamil saat masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Namun sejak diresmikan pada 2017 lalu geliat ekonomi di pasar tersebut jauh dari yang diharapkan.

Berdasarkan pantauan detikcom Kamis (17/10/2019), kondisi pasar terlihat sepi. Tidak nampak aktivitas keramaian seperti di pasar tradisional lainnya. Para pedagang bahkan banyak 'menganggur' menunggu datangnya pembeli.

Dari tiga lantai, ruang dagang yang terisi hanya terlihat berada di lantai satu saja dan itu juga tidak terisi penuh. Sementara sisanya tidak berpenghuni.




Tonton juga video Harga Kantong Plastik Akan Naik Hingga Rp 5 Ribu:

[Gambas:Video 20detik]



(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com