detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 11:20 WIB

Bupati Ciamis Rotasi Pejabat Eselon II

Dadang Hermansyah - detikNews
Bupati Ciamis Rotasi Pejabat Eselon II Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis - Setelah 6 bulan dilantik, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya merombak jajaran para Kepala Dinas di Lingkungan Pemkab Ciamis. Sedikitnya 16 pejabat eselon II dirotasi dan promosi di Aula Setda Ciamis, Jumat (18/10/2019).

Herdiat menyebut rotasi, mutasi dan promosi ini merupakan hal yang biasa, sesuai kebutuhan organisasi. Pelantikan untuk jabatan tinggi pratama ini sudah sesuai aturan dan mekanisme, ketentuan yang berlaku. Sesuai aturan, Bupati baru bisa melakukan rotasi setelah 6 bulan pasca pelantikan, pada 20 April 2019 lalu.

"Meski kita sudah dapat rekomendasi dari KASN dan Kemendagri juga Gubernur, tapi kita laksanakan setelah 6 bulan. Rotasi ini sesuai kompetensi pejabat sebelumnya sudah uji kompetensi. Jadi betul sesuai dengan bidangnya," ujar Herdiat usai pelantikan.

Meski 16 pejabat dilantik hari ini, masih ada kekosongan 10 pejabat eselon II di Pemkab Ciamis. Hal itu karena banyaknya yang pensiun dan mutasi ke luar daerah. Untuk itu, tahun 2019 ini Pemkab akan segera melakukan open bidding sesuai mekanisme untuk mengisi kekosongan tersebut.

"Akan open bidding, tahun ini secepatnya," ucap Herdiat.

Herdiat mengingatkan kepada para pejabat untuk melupakan Pilkada. Bagaimana pun semua memiliki pilihan masing-masing. Itu sudah berlalu dan ke depan berpikir untuk menata Ciamis yang lebih baik.

"Perlu diperhatikan, ASN senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas kesetiaan kita terhadap NKRI. Juga kita tidak bisa meninggalkan disiplin, loyalitas terhadap tugas dan tanggung jawab," tegas Herdiat.

Para pejabat Pemkab Ciamis diminta untuk cepat tanggap terhadap masalah yang ada di masyarakat. Sebagai aparatur sipil negara tentunya harus melayani masyarakat dengan baik. Pejabat harus memiliki wawasan jauh kedepan, berpikir kreatif dan inovatif untuk kepentingan organisasi. "Para pejabat di Ciamis harus Quick Respond," ucapnya.

Berikut pejabat eselon II Pemkab Ciamis yang dilantik :

Kepala Dinas Perhubungan Endang Sutrisna, Staf Ahli Bidang Hukum Adang Darajat, Asda Pemerintahan Ika Damaiswara, Kadis Pendidikan Tatang, Inspektur Deden Wahidin, Asda Administrasi Umum Oman Rohman, Kadis Sosial Agus Kurnia Kosasih, Kepala BPKSDM Yeyet Trisnayati, Kadis PUPRP Aef saefulloh, Kadis Kominfo Dicky Erwin, Kepala Pelaksana BPBD Soekiman, Kadis Pariwisata Wasdi, Asda Perekonomian Toto Marwoto, Staf ahli bidang perekonomian Dadang, Kepala Perpusipda Tini Nurmasari dan Kepala Dinas Penaman Modal Rudi.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com