detikNews
Kamis 17 Oktober 2019, 17:52 WIB

BEM SI Jabar Terus Desak Presiden Segera Keluarkan Perppu KPK

Mukhlis Dinillah - detikNews
BEM SI Jabar Terus Desak Presiden Segera Keluarkan Perppu KPK Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Puluhan mahasiswa dari BEM SI Jabar mendesak Presiden Jokowi mengeluarkan Perppu KPK. Massa menagih komitmen Jokowi dalam pemberantasan korupsi lewat penguatan KPK.

Ketua BEM ITB Royyan Abdullah Dzakiy mengatakan hari ini tepat satu bulan sejak RUU KPK disahkan DPR. Mahasiswa kembali mengingatkan tuntutan yang belakangan ini disuarakan.

"Ini momentum kami dari Jabar agar bisa menghighlite (menjadi sorotan), supaya bisa kembali teringat kepada masyarakat dan presiden agar mengeluarkan perppu untuk menggagalkan UU KPK," kata Royyan kepada wartawan di Monumen Perjuangan, Kota Bandung, Kamis (17/10/2019).

Menurutnya Jokowi berkomitmen dalam pemberantasan korupsi melalui penguatan lembaga anti rasuah tersebut. Sehingga, Perppu sudah seharusnya diterbitkan sebagai hak preogratif presiden.

"Ini merupakan hal yang subjektif dari presiden. Yang kita tunggu-tunggu adalah atensi dari presiden sendiri bahwa beliau menolak upaya pelemahan pemberantasan korupsi, itu yang kita tunggu dengan mengeluarkan perppu ini," ungkap dia.

Ia mengaku pihaknya akan terus mengawal hingga presiden mengeluarkan Perppu. Bahkan, kalau nantinya menempuh proses judicial review.

"(Judicial review) kan kita bisa paralel, begitu kita ambil, opsi ini pun kita ambil. Secara konstitusional itu semuanya terjamin dalam peraturan pembentukan perundang-undangan, jadi semua jalan itu bisa kita tempuh," tutur dia.

Di sisi lain, ratusan mahasiswa yang mengatasnamakan Gerakan Mahasiswa Jabar Menggugat juga sempat berunjuk rasa di depan Gedung Sate. Mereka menuntut sejumlah persoalan kemanusiaan di tanah air.

Massa di Gedung Sate sudah membubarkan diri sekitar pukul 17.00 WIB. Termasuk juga mahasiswa BEM SI Jabar yang berada di Monumen Perjuangan.
(mud/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com