detikNews
Selasa 15 Oktober 2019, 20:58 WIB

Polda Jabar Ajak Warga Jaga Ketertiban Jelang Pelantikan Presiden

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Polda Jabar Ajak Warga Jaga Ketertiban Jelang Pelantikan Presiden Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko (Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Polda Jabar mengajak masyarakat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden pada Minggu, 20 Oktober 2019. Upaya preemtif dan preventif akan dilakukan Polda Jabar guna menjaga situasi kondusif.

"Langkah kami melakukan langkah preemtif dengan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif dan turut serta menjaga situasi keamanan dan ketertiban," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Selasa (15/10/2019).


Truno menjelaskan langkah lainnya yang dilakukan dengan cara melakukan patroli gabungan. Pihaknya juga melakukan komunikasi dengan para tokoh agama dan masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban.

"Pada hari-H, kami antisipasi hal-hal yang dapat mengganggu kamtibmas. Intinya, kami melakukan langkah preemtif, preventif, dan persuasif dulu," kata Truno.

Sementara itu, terkait aksi demo, pihaknya mengacu pada undang-undang mengemukakan pendapat di muka umum. Namun, Polda Jabar mengimbau untuk tidak berdemo menjelang pelantikan presiden.

"Sejauh ini unjuk rasa mengemukakan pendapat di muka umum diatur undang-undang. Itu sah-sah saja dalam hal ini sesuai koridor. Tapi diimbau tidak melakukan itu (demo)," kata Truno.


(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com