detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 17:21 WIB

Nekat Bunuh Jenal, Pelaku: Dia Marah-marah Tagih Utang

Syahdan Alamsyah - detikNews
Nekat Bunuh Jenal, Pelaku: Dia Marah-marah Tagih Utang ANA alias Ahek (kiri) dan CK alias Maung saat dihadirkan oleh polisi di Mapolres Cianjur. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Cianjur - Satreskrim Polres Cianjur memamerkan pelaku pembunuhan Jenal Ompusonggu (42), debt collector sebuah koperasi di Bandung Barat. Selain pelaku utama, inisial ANA alias Ahek (51) dan CK alias Maung (42), polisi juga menampilkan lima tersangka lainnya yaitu W (43), SP (37), D (41), AT (43) dan Y (54).

Kepada detikcom, Ahek mengaku menghabisi nyawa Jenal karena kesal ditagih dengan cara kasar. Selain itu, Ahek tak terima utangnya berbunga hingga beberapa lipat dari pinjaman pokok.

"Saya hanya pinjam Rp 40 juta, tapi dia (korban) bilang jadi Rp 150 juta. Sudah delapan bulan malah berbunganya besar. Dia juga menagihnya kasar dan sering marah-marah," kata Ahek, Senin (14/10/2019).


Ahek mengaku rajin mencicil pinjaman tersebut, setiap membayar dia diberikan sobekan kertas tanda pembayaran. "Seharusnya sudah lunas, tapi dia datang terus menagih utang. Saya pusing dan minta bantuan teman," kata pria yang mengaku pemilik kantin di salah satu SMAN di Kota Cimahi.

Diancam Akan Dipermalukan

Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi menyebut pelaku mengaku malu karena terus ditagih oleh korban hingga diancam akan dipermalukan di depan istri dan keluarganya. Alasan itulah yang memicu pelaku membunuh Jenal.

"Pelaku mengaku malu karena ditagih dengan cara-cara keras dan mengancam akan dipermalukan di depan istrinya. Hingga timbul niat kemudian direncanakan untuk menghabisi korban, setelah korban meninggal dunia mereka menggunakan mobil pinjaman dan membuang mayat korban di wilayah Cianjur," tutur Juang.


Soal utang yang berbunga, Juang menyebut pihaknya fokus kepada perkara pembunuhan. Soal itu bukan berada di ranah kepolisian.

"Kita fokus di pembunuhannya saja, hasil penyelidikan pelaku memang memiliki utang Rp 150 juta," kata Juang.


Simak juga video "Momen Wiranto Dengar Dirinya Jadi Target Pembunuhan di Bulan Mei" :

[Gambas:Video 20detik]


(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com