Edarkan 25 Paket Sabu di Pedesaan, Dukun DIciduk Polisi Cimahi

Edarkan 25 Paket Sabu di Pedesaan, Dukun DIciduk Polisi Cimahi

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 14 Okt 2019 15:13 WIB
Polres CImahi tangkap dua pengedar narkoba, salah satunya DH alias Dukun. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Polres CImahi tangkap dua pengedar narkoba, salah satunya DH alias Dukun. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Seorang buruh berinisial HS (33) alias Dukun, diciduk polisi lantaran menjadi 'kurir tempel' 25 paket sabu di Kampung Cihanjuang, Desa Mandalamukti, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada 10 Oktober 2019 lalu.

"Kami dapatkan informasi dari masyarakat, kemudian kami lidik. Saat ini bos atau tuannya kami kejar, mudah-mudahan bisa kami dapatkan," kata Kasat Resnarkoba Polres Cimahi AKP Sugeng Heriyadi, Senin (14/10/2019).


Sugeng mengatakan, Dukun bertugas menempelkan sabu dan memberikan peta penyimpanan kepada pemilik barang berinisial GGN yang saat ini berstatus DPO. Untuk setiap paket yang ia jual, Dukun mendapatkan upah Rp 50 ribu.

Menurutnya pengedar sabu mengincar masyarakat di pedesaan. Dukun pun ditangkap di pinggir jalan, tak lama setelah melakukan aksi tempel di jalan pedesaan.

"Kita jangan pikirkan berapa nominalnya, tapi yang harus kita lihat berapa banyak orang yang bisa terpengaruh. Satu paket misal dikalikan lima, ada sekitar 125 orang di desa yang kita selamatkan," katanya.


Sugeng pun menyebut Dukun merupakan residivis atas kasus yang sama. "Dia ini residivis, kalau dari pengakuannya baru tiga bulan. Tapi kan tidak semua ucapannya kita percayai," katanya.

Edarkan 25 Paket Sabu di Pedesaan, Dukun Diciduk Polisi CimahiFoto: Yudha Maulana
Selain Dukun, polisi juga mengamankan SN. Ia ditangkap, setelah warga melaporkan adanya gerak-gerik mencurigakan dari pria berusia 24 tahun itu di Pasirkaliki, Cimahi Utara.

"Kemudian diperiksa oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa, ternyata dia hendak mengambil tempelan narkotika yang diduga sabu dengan berat kurang lebih 19,50 gram," kata Sugeng.

Kedua pelaku dijerat Pasal 113 ayat 2 dan Pasal 114 ayat 2 UU Narkotika dengan pidana penjara seumur hidup atau paling singkat 5 tahun penjara dan paling lama penjara 20 tahun.



Tonton juga video Diduga Edarkan Sabu Jaringan Lapas Kendari, 3 Mahasiswa Diamankan!:

[Gambas:Video 20detik]



(tro/tro)