detikNews
2019/10/10 12:13:28 WIB

Kabut di Kawah Putih, Helikopter Bom Air Geser ke Gunung Malabar

Wisma Putra - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kabut di Kawah Putih, Helikopter Bom Air Geser ke Gunung Malabar Helikopter water bombing dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan di Kawah Putih. (Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Proses pemadaman kebakaran hutan menggunakan helikopter bom air di kawasan wisata Kawah Putih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dihentikan sementara karena terkendala cuaca. Helikopter langsung bergeser ke Gunung Malabar untuk memadamkan api yang membakar lahan hutan di lokasi tersebut.

Pantauan detikcom, Kamis (10/10/2019) siang, helikopter milik BNPB sempat berputar tiga kali di langit Kawah Putih. Karena situasi tidak memungkinkan lantaran langit tertutup kabut tebal, helikopter pun melakukan pemadaman di Gunung Malabar, Kabupaten Bandung.


Kini pemadaman kebakaran hutan di Kawah Putih kembali dilakukan dengan cara manual. Tim Gabungan Karhutla kembali naik gunung untuk memadamkan api.

"Iya, pemadaman menggunakan helikopter dialihkan ke Gunung Malabar karena faktor cuaca," kata GM Perhutani Wilayah II Jabar Banten Bismo Tri Kencono.

Bismo mengungkapkan pihaknya tidak dapat memprediksi kondisi cuaca yang terjadi di Kawah Putih. "Hari ini seharusnya proses pendinginan di Sunan Ibu. Tadi memang betul mau pakai helikopter tapi kebetulan Kawah Putih ini sulit diprediksi ya untuk cuacanya, jadi prioritas digeser ke Malabar," tutur Bismo.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com