detikNews
Kamis 10 Oktober 2019, 11:09 WIB

Lerai Keributan Dua Kelompok Pemuda, Polisi Sukabumi Beri Tembakan Peringatan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Lerai Keributan Dua Kelompok Pemuda, Polisi Sukabumi Beri Tembakan Peringatan Foto: Tangkapan layar video viral
Sukabumi - Keributan antarpemuda terjadi di Kota Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu (9/10/2019) malam. Warga di lokasi mengaku mendengar tiga kali letusan pistol ke udara.

Dimintai konfirmasi detikcom, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo membenarkan kejadian tersebut.

"Anggota kami ke lokasi setelah menerima laporan adanya keributan. Karena situasi dikhawatirkan tidak terkendali, akhirnya anggota mengeluarkan tembakan peringatan," ungkap Wisnu didampingi Kasat Reskrim AKP Maulana, Kamis (10/10/2019).

Dijelaskan Wisnu, peristiwa yang terjadi di Jalan Ahmad Yani, Kota Sukabumi, itu dipicu kesalahpahaman antarpemuda yang berujung pada keributan. "Ada kesalahpahaman, malam tadi kedua kelompok pemuda kami mintai keterangan dan mereka bermaaf-maafan. Malam tadi langsung diselesaikan, lalu mereka membubarkan diri," lanjutnya.

Sementara itu, AKP Maulana menjelaskan dua kelompok pemuda itu saling mengenal. Namun, karena ada perkataan yang dianggap menyinggung salah satu pihak, keributan pun terjadi.

"Hanya ada ucapan yang dianggap menyinggung, akhirnya kejadian ribut-ribut adu mulut. Sampai ada yang baku hantam. Khawatir meluas, akhirnya anggota mengeluarkan tembakan peringatan untuk memisahkan kedua kelompok pemuda tersebut," tambahnya.

Video soal keributan itu juga tersebar di aplikasi pesan singkat. Diduga peristiwa itu terjadi di Jalan Ahmad Yani, tepatnya di depan kantor cabang BCA Kota Sukabumi.

"Kejadian antara pukul 23.00 WIB tadi, ada dua kelompok pemuda yang bertikai. Saya kurang jelas dengar, tapi informasinya soal mobil telat cicilan," kata Dede, warga yang berada di lokasi, kepada detikcom pagi tadi.

Dalam video yang tersebar memang terdengar letusan senjata api yang diarahkan ke udara, prosedur yang biasa dilakukan kepolisian untuk memberikan peringatan.

"Letusan ke udara, karena malam tadi dua kelompok berhadap-hadapan mau baku hantam. Setelah ada tembakan, mereka membubarkan diri. Kalau nggak ada polisi, bisa sampai ribut gede," imbuhnya.
(sya/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com