detikNews
Kamis 10 Oktober 2019, 10:25 WIB

Pemkab Ciamis Buka Penerimaan CPNS, Bupati Ingatkan Waspada Calo

Dadang Hermansyah - detikNews
Pemkab Ciamis Buka Penerimaan CPNS, Bupati Ingatkan Waspada Calo Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis - Pemkab Ciamis membuka Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) November tahun ini. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengingatkan masyarakat untuk mengikuti tes CPNS sesuai mekanisme dan tak tergoda calo.

Karena tak dipungkiri, dalam momen penerimaan CPNS ini banyak oknum-oknum yang bergentayangan, menjanjikan bisa memuluskan jadi PNS.

"Sebentar lagi tes CPNS. Masyarakat yang mengikuti, ikuti sesuai mekanisme jangan tertipu oleh calo. Karena tidak dipungkiri banyak calo-calo yang bergentayangan," ujar Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Kamis (10/10/2019).

Menurut Herdiat, sudah banyak contoh calo CPNS sangat merugikan. Korbannya habis uang puluhan juta namun impian jadi PNS tak terlaksana. Bila ada yang mendekati dan menjanjikan sebaiknya hindari, bila perlu laporkan.

"Sudah banyak contoh, sangat merugikan uang melayang, PNS gak jadi. Harap berhati-hati, sekali lagi ikuti mekanisme tata cara pendaftaran sesuai dengan yang ditentukan oleh pemerintah," kata Herdiat.

Menurut Herdiat, saat ini Kabupaten Ciamis saat ini membutuhkan sekitar 5.000 PNS. Sejak moratorium CPNS tahun 2010 sampai saat ini sudah ribuan PNS di Ciamis yang pensiun, meninggal, bahkan pindah atau mutasi ke daerah lain.

"Kita kekurangan banyak pegawai di atas 5.000 orang. Tahun kemarin ada pengangkatan hanya 200 orang. Tahun ini siap melaksanakan penerimaan CPNS, anggaran sudah disiapkan di APBD Perubahan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Pegawai BKPSDM Ciamis Ihsan Rasyad menjelaskan dari formasi 600 orang yang diajukan ke pusat, ada masukan untuk perampingan menjadi 336 orang.

"Ada perampingan dari pusat jadi Ciamis hanya mengusulkan 336 formasi CPNS. Memang yang paling dibutuhkan di Ciamis itu tenaga guru," ujar Ihsan.

Ihsan menjelaskan, untuk formasi 336 orang tersebut dibagi menjadi 2, yakni CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Untuk teknis dan proses penerimaan dilaksanakan oleh panitia seleksi (Pansel) belum ditentukan. Apakah CPNS dulu, atau P3K terlebih dahulu ataupun dilaksanakan sekaligus.

"Karena sampai sejauh ini belum ada kepastian terkait teknis dan hal lainnya, masih menunggu dari pusat. Untuk kuota pastinya rencana akan diumumkan akhir Oktober 2019. Jadi bisa berkurang atau bisa bertambah, sesuai keputusan pusat," jelasnya.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com