detikNews
Sabtu 05 Oktober 2019, 20:57 WIB

HUT ke-74 TNI, Personel Polres 'Duduki' Kodim 0605/Subang

Dony Indra Ramadhan - detikNews
HUT ke-74 TNI, Personel Polres Duduki Kodim 0605/Subang Personel Polres 'menduduki' Kodim 0605/Subang dalam rangka HUT ke-74 TNI. (Foto: Istimewa)
Subang - Ratusan personel Polri 'menduduki' markas TNI di Kabupaten Subang. Para personel itu kemudian mengambil alih komando dan segala urusan di markas TNI itu.

Hal Itu dilakukan jajaran Polres Subang dalam merayakan HUT ke-74 TNI yang jatuh pada Sabtu (5/10/2019). Polres Subang berinisiatif 'menduduki' markas Kodim (Makodim) 0605/Subang sebagai bentuk merayakan HUT TNI.

Operasi 'menduduki' Makodim Subang itu dilakukan selepas upacara HUT TNI yang digelar di Lapangan Alun-alun Kabupaten Subang. Saat pulang, rombongan Polres Subang bersama rombongan Forkopimda lebih dulu datang dan langsung menduduki Makodim 0605/Subang.


Mereka lalu mengambil posisi penyambutan. Bila biasanya di Makodim anggota TNI yang menyambut, kali ini berbeda. Penyambutan justru dilakukan oleh personel Polri yang berjejer rapi seperti pagar betis.

Kemudian salah satu Perwira Polres Subang menyambut kedatangan Dandim 0605/Subang dan memberikan laporan terkait situasi Kodim yang sudah diduduki. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pengalungan bunga kepada seluruh Forkopimda Subang oleh Polwan Polres Subang.

"Sudah beberapa hari lalu selesai rapat kita rencanakan untuk memberi kejutan seperti ini," ucap Kapolres Subang AKBP Teddy Fanani dalam rilis yang diterima.

Teddy mengatakan, operasi 'menduduki' Makodim Subang ini dilakukan untuk memberikan kesan yang berbeda dalam merayakan HUT TNI. Hal ini juga sekaligus menunjukkan keharmonisan personel Polri dan TNI di Subang.

"Ini kita lakukan bukan hanya di level Polres akan tetapi Polsek-polsek juga melaksanakan di markas Koramil," tuturnya.


Pada saat Sabtu pagi sekitar pukul 5.00 WIB, Kapolres Subang beserta rombongan juga mendatangi kediaman Danlanud Suryadarma Kalijati dan Markas Subdenpom Subang untuk memberikan kejutan.

Dandim 0605/Subang Letkol Arh Edi Maryono mengaku kaget saat melihat personel Polri 'menduduki' markasnya. Dia tak mengira mendapatkan kejutan istimewa dari Polri.

"Secara pribadi saya sebagai TNI sudah dilatih berbagai macam antisipasi, tapi baru hari ini saya kalah setting sama Kapolres. Terima kasih atas surprise party-nya," kata Edi.
(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com