Kesal Suami Selingkuh, YN Biarkan Bayinya Tenggelam di Bak Mandi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Minggu, 29 Sep 2019 16:10 WIB
(Foto: Ilustrasi)
Cianjur - Diduga kesal suaminya selingkuh dengan perempuan lain, seorang ibu muda berinisial YN (20) tega membiarkan bayinya sendiri tenggelam di bak mandi. Pelaku sempat melarikan diri hingga akhirnya ditemukan tengah jongkok sambil memeluk lutut di perkebunan milik warga.

Peristiwa keji itu terjadi pada Sabtu (28/9/2019) kemarin. Warga menyerahkan YN ke kantor polisi. Beragam pengakuan meluncur dari mulut ibu muda itu.

"Kami mendapatkan laporan dari warga soal dugaan pembunuhan seorang bayi yang dibiarkan tenggelam di sebuah bak berukuran 1,5x1 meter oleh ibunya sendiri. Saya langsung memerintahkan jajaran untuk segera ke lokasi dan mengamankan pelaku," kata Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi dalam rilis yang digelar, Minggu (29/9/2019).


Polisi menjemput pelaku di rumahnya sendiri Kampung Cisuren, RT 1 RW 5, Desa Sukanagalih, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur dan membawanya ke Mapolres Cianjur. Kepada polisi YN mengaku sengaja meninggalkan bayinya di dalam bak mandi. Hal itu ia lakukan karena merasa kesal kepada suaminya yang diduga telah selingkuh.

"Dia mengaku kesal suaminya selingkuh. Karena perbuatannya dia kita jerat Pasal 80 ayat 3 dan 4 UU No 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU No 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dengan ancaman maksimal selama 15 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 3 milliar," ucap Juang.

Bayi Sempat Disangka Boneka

Jasad bayi berusia 3 bulan itu ditemukan mengambang oleh Mae (51) mertua YN di bak mandi rumahnya. Ia sempat mengira jasad itu adalah boneka.

"Kejadiannya Sabtu (28/9) pagi. Waktu itu saya pulang ke rumah, kebetulan ingin ke kamar mandi. Saya lihat ada kayak boneka mengambang. Setelah diangkat ternyata itu Nuraisa, cucu saya. Kondisinya sudah meninggal dunia dengan keadaan mengambang di bak mandi," ucap Mae seraya meneteskan air mata saat ditemui di Mapolres Cianjur.

Dia pun segera memberitahu anaknya yakni suami dari YN jika Nuraisa ditemukan meninggal dunia dengan kondisi yang janggal. Mae juga sempat mencari YN, namun pelaku yang biasanya berada di rumah tiba-tiba hilang.

"Anak saya hampir pingsan mendengar anaknya meninggal dengan keadaan seperti itu. Tapi sama saya dan keluarga yang lain dinasihati untuk tetap sabar," katanya.


Curiga dengan YN yang tidak ada di rumah, beberapa orang pun berusaha mencari keberadaannya. Selang beberapa jam mencari, salah seorang warga berhasil menemukan YN tengah terjongkok sambil memeluk lututnya.

"Mungkin dia masih tidak menyangka kalau bayinya meninggal karena ulahnya. Jadi ditemukan itu sedang jongkok di kebun warga, jaraknya lumayan jauh dari rumah. Setelah itu YN dibawa kembali ke rumah dan diserahkan pada pihak kepolisian," katanya.


Sementara itu sembari sesenggukan, YN mengakui semua perbuatannya. Ia mengaku gelap mata dan menyesal menghabisi nyawa bayinya sendiri. YN mengaku kesal suami memiliki wanita idaman lain. Perselingkuhan itu terbongkar setelah perempuan itu datang dan meminta pertanggungjawaban sejumlah uang untuk menggugurkan bayi hasil hubungan gelap dengan suaminya

"Saya kesal sama yang berselingkuh dengan perempuan lain saat usia kehamilan 7 bulan. Saya menyesal telah melakukan perbuatan itu dan akan menanggung semua akibatnya," ucap YN. (sya/tro)