detikNews
Kamis 26 September 2019, 16:11 WIB

Sebuah Sedan Hangus Terbakar di Tol Cipularang Km 87

Dian Firmansyah - detikNews
Sebuah Sedan Hangus Terbakar di Tol Cipularang Km 87 Foto: Dian Firmansyah/detikcom
Purwakarta - Sebuah mobil jenis sedan bernopol D-1008-N hangus terbakar di ruas Tol Cipularang Km 87 jalur A, tepatnya di wilayah Jatiluhur, Purwakarta. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Kebakaran diduga akibat adanya masalah pada mesin mobil.

"Saya melaju di jalur cepat, di tengah perjalanan, kecepatan mobil terasa aneh. Saya pindah ke jalur lambat. Tidak lama kemudian, keluar asap dari kap mobil, lalu saya berhenti di bahu jalan," ujar Anton, pemilik mobil saat ditemui di lokasi kejadian, Kamis (26/09/2019).

Anton beserta satu orang sopirnya melaju dari arah Jakarta menuju Bandung dengan maksud mengantarkan mobil ke anaknya yang tengah berkuliah di Bandung.

Menurut Anton, mobil ini selalu rutin diservis dan tidak ada kendala sebelumnya. Ketika hendak berangkat pun, ia sempat memeriksa kondisi mobil dan dinyatakan aman.

"Tidak tahu kenapa. Kalau masalah servis, ini rutin dan bisa dicek di dealer resmi Mercy di Bandung," ungkapnya.
Sebuah Sedan Hangus Terbakar di Tol Cipularang Km 87Foto: Dian Firmansyah

Beruntung, Anton dan sopirnya selamat karena, sebelum terjadi kebakaran hebat, keduanya sudah berada di luar dan sempat memeriksa kap mobil.

Api yang melumat mobil sedan ini dengan cepat membesar karena membakar bagian yang mudah terbakar. Kondisi ini diperparah oleh angin yang cukup kencang serta tim damkar yang cukup lama datang ke lokasi.

Sementara itu, petugas PJR Tol Cipularang, petugas Jasa Marga, dan derek Jatiluhur melakukan evakuasi bangkai kendaraan dan pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi.

"Kami evakuasi dengan kendaraan towing dan dibawa ke pul derek. Penyebabnya diduga korsleting listrik di bagian mesinnya," ujar petugas Jasa Marga, Kurniawan, di lokasi.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com